Penulis Utama : Niken Sekar Lintang
NIM / NIP : K7119192
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan multimedia, (2) meningkatkan hasil belajar IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan multimedia.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2022/2023. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2022/2023 dilaksanakan dengan enam langkah yaitu: (a) presentasi kelas dengan multimedia, (b) membentuk kelompok kecil, (c) belajar dalam tim dengan multimedia, (d) pemberian kuis dengan multimedia, (e) skor kemajuan individu dengan multimedia, (f) penghargaan tim; (2) penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2022/2023. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I = 73,91%, siklus II = 80,43%, dan pada siklus III = 86,96%; (3) kendala penelitian ini adalah siswa kesulitan menghitung skor kemajuannya. Solusi dari kendala tersebut adalah guru membantu siswa yang belum bisa menghitung skor kemajuannya.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tamanwinangun tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Niken Sekar Lintang
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119192
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : STAD, multimedia, hasil belajar IPS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd.
2. Dr. Moh Salimi, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.