Penulis Utama : Nanda Sukmawati
NIM / NIP : K1219056
×

Nanda Sukmawati. K1219056. Pembimbing I: Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Chafit Ulya, M.Pd., IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2023.

            Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) perencanaan yang digunakan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta (2) implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta (3) asesmen yang dilakukan guru dalam implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta (4) hambatan dalam implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode studi kasus. Sumber data berupa proses pembelajaran, informan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Surakarta, dokumen terkait model pembelajaran berbasis proyek, serta catatan lapangan proses model pembelajaran berbasis proyek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data mengalir.

            Hasil penelitian ini sebagai berikut. Kesatu, perencanaan yang dilakukan guru adalah menyusun modul ajar dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Kedua, implementasi model pembelajaran berbasis proyek guru melakukan pembelajaran sesuai sintak yakni pendahuluan, inti, dan penutup. Pada implementasi model pembelajaran berbasis proyek guru melakukan tiga sintak yakni perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Ketiga, guru melakukan asesmen pada model pembelajaran berbasis proyek mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Keempat, hambatan dalam implementasi model pembelajaran berbasis proyek yang dialami oleh guru terkait dengan administratif, tingkat kemampuan siswa, alokasi waktu, dan diksi, sedangkan hambatan yang dialami siswa adalah kesulitan mencari ide dan kesulitan dalam berdiskusi dengan kelompok.

×
Penulis Utama : Nanda Sukmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1219056
Tahun : 2023
Judul : IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR(Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : model pembelajaran berbasis proyek, teks prosedur
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
2. Dr. Chafit Ulya, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.