Penulis Utama : Monica Oktavia
NIM / NIP : B0419038
×

Monica Oktavia. B0419038. 2023. Perkembangan Olaharaga Tenis Lapangan di Mangkunegaran Tahun 1948-1983. Skripsi Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Olahraga tenis lapangan merupakan olahraga para bangsawan, namun seiring berjalannya waktu olahraga tenis lapangan mulai dikenal masyarakat luas khususnya di Mangkunegaran dan Surakarta. Penelitian ini bertujuan, pertama, menjelaskan perkembangan perkumpulan olahraga yang ada di Mangkunegaran pada masa K.G.P.A.A. Mangkunegara VII dan K.G.P.A.A. Mangkunegara VIII. Kedua, menjelaskan pengelolaan olahraga tenis lapangan di Mangkunegaran terkait infrastruktur pembangunan lapangan untuk memfasilitasi perkumpulan olahraga tenis lapangan di Mangkunegaran. Ketiga, menggambarkan situasi perkembangan olahraga tenis lapangan dan atlet tenis lapangan yang turut memajukan prestasi olahraga tenis lapangan di Surakarta.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Penelitian ini memanfaatkan sumber sezaman sebagai sumber utama, penelitian ini menggunakan sumber berkas arsip. Arsip yang digunakan, antara lain: Arsip berkas masalah olahraga Usaha Seni Sport dan Ilmu (USSI), arsip berkas Sport Vereniging Mangkoe-Nagaran (SVMN), arsip berkas Tai Iku Kai, arsip berkas Ikatan Sport Indonesia (ISI), arsip berkas PEROMA, arsip tentang pembangunan lapangan tenis Pracimayasa, arsip berkas pertandingan tenis lapangan, arsip tentang peminjaman lapangan Ujung Puri, arsip berkas Pekan Olahraga Nasional (PON) I Surakarta yang berasal dari Perpustakaan Reksa Pustaka Mangkunegaran, dan beberapa sumber lainnya yang sezaman dengan penelitian ini.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, perkembangan olahraga tenis lapangan berkembang dari beberapa perkumpulan-perkumpulan olahraga di Mangkunegaran yang didirikan oleh K.G.P.A.A. Mangkunegara VII dan K.G.P.A.A. Mangkunegara VIII. Kedua, olahraga tenis lapangan terus berkembang hingga pada tahun 1950-an olahraga tenis lapangan mengadakan berbagai tournament yang diselenggarakan oleh Persatuan Lawn-Tennis Indonesia (PELTI). K.G.P.A.A. Mangkunegara VIII memberikan perhatian yang besar untuk membangun sarana dan prasarana olahraga tenis lapangan. Ketiga, K.G.P.A.A. Mangkunegara VII turut berkontribusi dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I Surakarta. Dapat disimpulkan bahwa perkembangan olahraga tenis lapangan yang begitu pesat di Mangkunegaran dan Surakarta hasil upaya perjuangan dari K.G.P.A.A. Mangkunegara VII dan VII yang telah mengenalkan olahraga tenis lapangan kepada masyarakat umum dan telah melahirkan beberapa atlet tenis lapangan berprestasi yang turut memajukan prestasi olahraga tenis lapangan di Surakarta.

Kata kunci: Mangkunegaran, olahraga, tenis lapangan.

×
Penulis Utama : Monica Oktavia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0419038
Tahun : 2023
Judul : Perkembangan Olahraga Tenis Lapangan di Mangkunegaran Tahun 1948-1983
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Mangkunegaran, Olahraga, Tenis Lapangan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Isnaini Wijaya Wardani, M.Pd.
2. Dr. M. Bagus Sekar Alam, M.Si.
Penguji : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si.
2. Umi Yuliati, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.