Penulis Utama : Syahril Nur Rochman
NIM / NIP : B0419057
×

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Pasang Surut Pekumpulan Usaha Seni Sport dan Ilmu (USSI) Tenis di Mangkunegaran Surakarta Tahun 2007-2021”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perkembangan perkumpulan USSI Mangkunegaran tahun 1950?, (2) Bagaimana pembentukan dan perkembangan Sekolah USSI Mangkunegaran tahun 2007?, (3) Mengapa Sekolah USSI Tenis Mangkunegaran surut pada tahun 2021? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui pembentukan dan perkembangan perkumpulan USSI di Mangkunegaran tahun dan Sekolah USSI Tenis lapangan di Mangkunegaran tahun 2007-2021 serta mengetahui surutnya Sekolah USSI Tenis lapangan di Mangkunegaran pada tahun 2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Tahapan dari metode sejarah ini ada 4, yaitu tahap heruistik atau pengumpulan sumber, tahap verifikasi atau kritik sumber yang terdiri dari kritik internal dan eksternal, tahap interpretasi atau penafsiran dan tahap historiografi atau penulisan sejarah.
Hasil penelitian menunjukkan dibentuk perkumpulan olahraga yaitu Usaha Seni Sport dan Ilmu (USSI) di Mangkunegaran oleh K.G.P.A.A. Mangkunegaran VIII tahun 1950. Perkumpulan USSI menaungi beberapa cabang kegiatan olahraga, beladiri, permainan, kesenian, serta pengetahuan umum. Seiring perkembangannya USSI cabang olahraga menjadi salah satu perkumpulan favorit di Mangkunegaran, khususnya USSI Tenis Club. Sekolah USSI Tenis Mangkunegaran dibentuk oleh K.G.P.A.A Mangkunegaran IX pada tahun 2007. Sekolah USSI Tenis Mangkunegaran berkembang dan mengalami kenaikan jumlah murid serta mencetak atlet muda nasonal pada tahun 2008 hingga tahun 2013. Tahun 2014 Sekolah USSI mengalami penurunan dalam penerimaan murid baru. Berhentinya total kegiatan Sekolah USSI Tenis Mangkunegaran terjadi pada tahun 2021. Dampak dari surutnya Sekolah USSI Tenis Mangkunegaran dilakukannya revitalisasi lapangan Ujung Puri menjadi taman Pracima Tuin.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembentukan dan perkembangan perkumpulan olahraga Usaha Seni Sport dan Ilmu (USSI) yang dibentuk oleh K.G.P.A.A Mangkunegaran VIII pada tahun 1950. Salah satu cabang USSI olahraga yaitu, USSI Tenis Club di bentuk pada tahun yang sama. USSI Tenis Club USSI Tenis Club mencetak atlet-atlet profesional dan berkontribusi dalam pekembangan Tenis Lapangan di Mangkunegaran dan Surakarta . USSI Tenis Club . Pada pemerintahan K.G.P.A.A Mangkunegaran IX dibentuk Sekolah USSI Tenis Mangkunegaran pada tahun 2007. Dalam pekembangannya Sekolah USSI Tenis Mangkunegaran mengalami kenaikan jumlah murid dan mencetak atlet muda. Surutnya Sekolah USSI Tenis Mangkunegaran dimuali sejak tahun 2014. Dampak dari surutnya Sekolah USSI Mangkunegaran adalah dilakukannya revitalisasi lapangan Ujung Puri menjadi taman Pracima Tuin mengakibatkan Sekolah USSI Tenis Mangkunegaran ditutup permanen.

×
Penulis Utama : Syahril Nur Rochman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0419057
Tahun : 2024
Judul : PASANG SURUT PERKUMPULAN USAHA SENI SPORT DAN ILMU (USSI) TENIS DI MANGKUNEGARAN SURAKARTA TAHUN 2007-2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Olahraga, Tenis Lapangan, USSI, Mangkunegaran, Surakarta.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hayu Adi Darmarastri, M.Hum.
2. Dr. Asti Kurniawati, M.Hum.
Penguji : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.si.
2. Dra. Isnaini W.W, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.