Penulis Utama : Andreas Chris Febrianto Nugroho
NIM / NIP : C0514003
×

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya pihak Praja Mangkunegaran dalam hal memberikan dukungan kepada Laskar Rakyat Surakarta. Dalam hal ini dukungan dari awal berdirinya Laskar Rakyat hingga eksistensinya di Surakarta sebagai sebuah badan koordinasi kelaskaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi: heuristik berupa arsip dokumentasi di Reksopustoko Praja Mangkunegaran. Dokumen tersebut mengenai upaya Praja Mangkunegaran dalam mendukung adanya Laskar Rakyat Surakarta, dan buku-buku referensi. Tahap selanjutnya adalah kritik sumber intern maupun ekstern, interpretasi dan historirografi.
Berdasarkan analisis terhadap sumber-sumber yang telah terkumpul, dapat diketahui bahwa Praja Mangkunegaran berupaya mendukung dalam berdirinya dan eksistensi laskar perjuangan yang ada di wilayah Surakarta. Terbukti melalui dukungannya terhadap Laskar Rakyat Surakarta dalam bentuk Material dan Non Material. Bentuk dukungan material yang diberikan oleh Praja Mangkunegaran kepada Laskar Rakyat Surakarta adalah berupa memberikan dana kepada Laskar Rakyat Cabang Wonogiri dan Mengijinkan Laskar Rakyat Pusat menempati Sonopoestoko sebagai markas pusat Laskar Rakyat Surakarta. Dalam hal dukungan imateriil, Mangkunegara VIII dengan diwakili oleh pepatihdalem Pangeran Handojonoto memberikan sambutan dan restu atas berdirinya Laskar Rakyat cabang Wonogiri di sebelas kecamatan yang ada di Wonogiri.

Kata Kunci : Laskar Rakyat Surakarta, Upaya Praja Mangkunegaran, Rakyat Surakarta

×
Penulis Utama : Andreas Chris Febrianto Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0514003
Tahun : 2019
Judul : Laskar Rakyat di Surakarta pada Tahun 1945- 1949 (Studi Kasus upaya Praja Mangkunegaran Mendukung Laskar Rakyat)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C0514003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si.
2. Dra. Isnaini. W. W, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.