Penulis Utama : Laila Fajar Munawaroh
NIM / NIP : K4219040
×

Laila Fajar Munawaroh. ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF LAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ING SAJRONING TAYANGAN TVRI KUNCUNG BAWUK EPISODE JANUARI 2022 – SEPTEMBER 2022 LAN RELEVANSINIPUN MINANGKA PASINAONAN ING SMP. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) jenis tindak tutur direktif yang terdapat pada tayangan TVRI Kuncung Bawuk episode Januari 2022 – September 2022, (2) nilai pendidikan karakter yang terdapat pada tayangan TVRI Kuncung Bawuk episode Januari 2022- September 2022, dan (3) relevansi tindak tutur direkif dan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada tayangan TVRI Kuncung Bawuk sebagai bahan ajar Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Pertama.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Data yang digunakan berupa transkrip tayangan Kuncung Bawuk yang memuat tindak tutur direktif serta hasil wawancara. Sumber data yang digunakan berupa dokumen yaitu teks dialog cerita dalam tayangan Kuncung Bawuk sejumlah delapan cerita serta informan yakni guru bahasa Jawa kelas VIII, siswa kelas VIII, dan ahli bahasa. Teknik pengambilan sempel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas dhata yaitu dengan triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis interaktif yang dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Prosedur penelitian dilakukan dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap menyusun laporan.

Hasil penelitian yakni pertama, jenis tindak tutur direktif yang ditemukan dalam tayangan Kuncung Bawuk meliputi requestives, question, requirements, prohibitives, dan advisores. Kedua, nilai pendidikan yang terdapat pada tayangan Kuncung Bawuk meliputi nilai pendidikan karakter perduli sosial, cinta tanah air, rasa ingin tahu, toleransi, tanggung jawab, disiplin, mandiri, menghargai prestasi, dan perduli lingkungan. Ketiga, hasil analisis mengenai tindak tutur direktif dan nilai pendidikan karakter dalam tayangan Kuncung Bawuk ini dapat dimanfaatkan dan relevan digunakan sebagai bahan ajar Bahasa Jawa di SMP kelas VIII sesuai dengan pendapat dari beberapa informan seperti guru, siswa, dan ahli bahasa.

×
Penulis Utama : Laila Fajar Munawaroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4219040
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF LAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ING SAJRONING TAYANGAN TVRI KUNCUNG BAWUK EPISODE JANUARI 2022 - SEPTEMBER 2022 LAN RELEVANSINIPUN MINANGKA PASINAONAN ING SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Tindak tutur direktif, nilai pendidikan karakter, bahan ajar, kuncung bawuk
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S, M.Hum
2. Rahmat, S.S., M.A
Penguji : 1. Dr. Budi Waluyo, S.S., M.Pd
2. Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.