Penulis Utama : Khairanna Idza M.w.
NIM / NIP : S851808018
×

Khairanna Idza Mutia Widodo. 2022. Analisis Jenis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Materi Aplikasi Turunan Fungsi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MAN Kota Sorong Tahun Ajaran 2021/2022. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono, M.Sc. Kopembimbing: Dr. Farida Nurhasanah, M.Pd.  Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui jenis kemampuan metakognisi siswa dengan motivasi belajar tinggi dikelas XI IPA 1 MAN Kota Sorong dalam memecahkan masalah pada materi aplikasi turunan fungsi; 2) mengetahui jenis kemampuan metakognisi siswa dengan motivasi belajar sedang dikelas XI IPA 1 MAN Kota Sorong dalam memecahkan masalah pada materi aplikasi turunan fungsi; 3) mengetahui jenis kemampuan metakognisi siswa dengan motivasi belajar rendah dikelas XI MAN Kota Sorong dalam memecahkan masalah pada materi aplikasi turunan fungsi.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas XI IPA 1 MAN Kota Sorong. Prosedur pemilihan subjek menggunakan teknik snowball sampling dimana subjek yang dipilih sebagai subjek memenuhi kriteria: 1) telah mendapatkan pembelajaran apli-kasi turunan fungsi, 2) telah mengerjakan angket motivasi belajar, 3) pertim-bangan dari guru yang memungkinkan subjek dapat berkomunikasi dengan baik dalam mengemukakan pendapat secara lisan maupun tulisan. Data yang dicari adalah level metakoginisi siswa dalam setiap kategori motivasi belajar siswa. Data tersebut didapat melalui tiga buah instrumen bantu berupa angket motivasi belajar, tes pemecahan masalah materi aplikasi turunan fungsi dan pedoman wawancara. Sumber data pada penelitian ini adalah skor angket motivasi belajar siswa, hasil pekerjaan siswa dan hasil wawancara berdasarkan jawabannya. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi waktu yaitu konsistensi jawaban siswa dari tes pertama dan kedua.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jenis kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah aplikasi turunan fungsi kategori motivasi belajar tinggi yaitu pada jenis Reflective use dimana siswa mampu menge-tahui permasalahan yang diberikan serta dapat menggunakan strategi tepat dalam penyelesaian masalah  kemudian subjek juga dapat melakukan proses evaluasi terhadap apa yang dilakukan sedangkan pada jenis kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah materi aplikasi turunan fungsi kategori motivasi belajar sedang yaitu pada jenis Semistrategi use dimana siswa mampu mengetahui apa yang diketahui dan yang ditanyakan namun subjek belum dapat menyeleksi strategi yang digunakan serta pada jenis kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah materi aplikasi turunan fungsi kategori motivasi belajar rendah  yaitu pada level Tacit use dimana siswa belum mampu menyadari terhadap hal yang telah dipantaunya.

×
Penulis Utama : Khairanna Idza M.w.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851808018
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS JENIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA I MAN KOTA SORONG TAHUN AJARAN 2021/2022
Edisi :
Imprint : 2022 - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Pendidikan Matematika - S851808018 - 2023
Kata Kunci : Kata Kunci: jenis metakognisi, motivasi belajar siswa, aplikasi turunan fungsi
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.1007/s10802-011-9547-x
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr.Budiyono, M. Sc.
2. Dr. Farida Nurhasanah, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Catatan Umum : Berdasarkan hasil penelitian mengenai Jenis kemampuan metakognsi siswa kelas XI IPA MAN Kota Sorong pada materi aplikasi turunan fungsi ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa, maka dapat diambil simpulan antara lain:1. Jenis kemampuan metakognisi siswa pada kategori motivasi belajar siswa tinggi adalah Reflective use, dengan kemunculan indikator Jenis metakognisi sebagai berikut a. Tahap perencanaan,mampu mengetahui cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, memahami masalah dengan baik karena dapat mengidentifikasi informasi penting dalam masalah, dan mampu menjelaskan strategi penyelesaian yang digunakan pada lembar jawaban yang ditulisb. Tahap pemantauan, menyadari kesalahan konsep (rumus) dan cara menghitung, siswa mampu memberi alasan yang mendukung pemikirannya dan mampu memperbaiki kesala-han pada langkah yang dilakukanc. Tahap pemeriksaan, mampu melakukan evaluasi terhadap setiap langkah yang dibuat dan siswa meyakini hasil yang diperoleh 2. Jenis kemampuan metakognisi siswa pada kategori motivasi belajar siswa sedang adalah Semistrategi use, dengan kemunculan indikator jenis metakognisi sebagai berikut a. Tahap perencanaan, mampu menjelaskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam penyelesaian, mampu menjelaskan sebagian dari apa yang ditulis, dan siswa tidak dapat menentukan beberapa strategi yang digunakan untuk menyelesaian permasalah.b. Tahap Pemantauan, menyadari kesalahan konsep (rumus) dan cara menghitung namun tidak dapat memperbaikinya dan membutuhkan bantuan agar meyakini kebenaran konsep dan hasil yang diperoleh.c. Tahap pemeriksaan tidak melakukan evaluasi terhadap hasil yang diperoleh dan tidak yakin dengan hasil yang diperoleh 3. Jenis kemampuan metakognisi siswa pada kategori motivasi belajar siswa rendah adalah Tacit use, dengan kemunculan indikator Jenis metakognisi sebagai berikut a. Tahap perencanaan, subjek melakukan aktivitas metakognisi yang meliputi: hanya dapat mengungkapkan apa yang diketahui serta apa yang ditanya yang tertulis jelas pada soal, tidak dapat menetukan langkah-langkah yang digunakan dalam pemecahan masalah.b. Tahap pemantauan, subjek melakukan aktivitas metakognisi yang meliputi: Subjek tidak menyadari hal apa yang dipantau.c. Tahap pemeriksaan, subjek tidak melakukan aktivitas metakognisi pemeriksaan.
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.