Penulis Utama : Riza Savita Choriji
NIM / NIP : B0119056
×

Riza Savita Choriji. B0119056. 2023. Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Kunci Dhuplikat Karya JMV Sunarjo (Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) keterkaitan antarunsur intrinsik yang membangun novel Kunci Dhuplikat karya JMV Sunarjo; 2) kepribadian tokoh Anton dalam novel Kunci Dhuplikat karya JMV Sunarjo; 3) sikap dan sifat yang patut diteladani dari tokoh Anton dalam novel Kunci Dhuplikat karya JMV Sunarjo.

Tujuan penelitian ini antara lain 1) mendeskripsikan keterkaitan antarunsur intrinsik yang membangun novel Kunci Dhuplikat karya JMV Sunarjo yang meliputi tema, plot, penokohan, latar, sudut pandang, bahasa, dan moral; 2) mendeskripsikan kepribadian tokoh Anton dalam novel Kunci Dhuplikat karya JMV Sunarjo berdasarkan teori psikologi individual Alfred Adler; 3) mendeskripsikan sikap dan sifat yang patut diteladani dari tokoh Anton dalam novel Kunci Dhuplikat karya JMV Sunarjo.

Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan struktural dengan menggunakan teori pengkajian fiksi oleh Burhan Nurgiyantoro, dan psikologi sastra dengan menggunakan teori psikologi individual Alfred Adler.

Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif untuk penelitian sastra. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Kunci Dhuplikat karya JMV Sunarjo.  Data dalam penelitian ini adalah teks novel Kunci Dhuplikat karya JMV Sunarjo yang memuat unsur intrinsik yang terdiri dari tema, plot, penokohan, latar, sudut pandang, bahasa, dan moral, aspek-aspek psikologi yang meliputi kepribadian tokoh Anton yang menggunakan teori psikologi individual Alfred Adler, serta sikap dan sifat yang patut diteladani dari tokoh Anton. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi 1) teknik analisis struktural, 2) teknik analisis dengan pendekatan psikologi sastra dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil analisis dalam penelitian ini yaitu 1) analisis unsur intrinsik pada novel Kunci Dhuplikat karya JMV Sunarjo menunjukkan unsur yang satu dengan unsur yang lain saling berkaitan; 2) analisis psikologi sastra pada novel Kunci Dhuplikat karya JMV Sunarjo mengungkapkan kepribadian tokoh Anton dalam meraih superioritasnya. Semua aspek dalam teori psikologi individual Alfred Adler saling berkaitan sehingga tokoh Anton dapat meraih superioritasnya; 3) sikap dari tokoh Anton yang patut diteladani antara lain profesional, konsisten, sopan santun, dan  bertanggung jawab, sementara sifat yang patut diteladani antara lain memiliki ambisi positif, sabar, peduli, dermawan, teliti, kreatif, dan supel.

Kata kunci: Novel Kunci Dhuplikat, Unsur Intrinsik, Kepribadian, Psikologi Sastra.

×
Penulis Utama : Riza Savita Choriji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119056
Tahun : 2023
Judul : Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Kunci Dhuplikat Karya JMV Sunarjo (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Novel Kunci Dhuplikat, Unsur Intrinsik, Kepribadian, Psikologi Sastra
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suyatno, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Suyatno, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.