Penulis Utama : Fariza Al Fauziah
NIM / NIP : B0118017
×

Fariza Al Fauziah. B0118017. 2022. Aspek Kepribadian dan Moralitas Tokoh Utama dalam Antologi Cerita Misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani (Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah struktur dari delapan cerita misteri dalam antologi cerita misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani, (2) bagaimanakah aspek kepribadian tokoh utama dari delapan cerita misteri dalam antologi cerita misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani berdasarkan teori kepribadian Carl Gustav Jung, (3) Bagaimanakah aspek moralitas tokoh utama dari delapan cerita misteri dalam antologi cerita misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan struktur dari delapan cerita misteri dalam antologi cerita misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani, (2) mendeskripsikan aspek kepribadian tokoh utama dari delapan cerita misteri dalam antologi certa misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani berdasarkan teori Carl Gustav Jung, (3) mendeskripsikan aspek moralitas tokoh utama dari delapan cerita misteri dalam antologi cerita misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah antologi cerita misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani. Data dalam penelitian ini adalah bentuk struktur dari delapan cerita misteri dalam antologi cerita misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis isi dan wawancara.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) dalam antologi cerita misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani menunjukkan adanya hubungan timbal balik yang saling berkaitan antarunsur berdasarkan teori struktur Burhan Nurgiyantoro, (2) berdasarkan kajian psikologi sastra delapan cerita misteri dalam antologi cerita misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani mengungkapkan aspek kepribadian tokoh utama berupa fungsi jiwa dan sikap jiwa yang ditampilkan pengarang, (3) adanya nilai moral yang dapat diambil dari antologi cerita misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani.

×
Penulis Utama : Fariza Al Fauziah
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : B0118017
Tahun : 2022
Judul : Aspek Kepribadian dan Moralitas Tokoh Utama dalam Antologi Cerita Misteri Jagadku Jagadmu Jagad Alus karya St. Sri Emyani (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Jagadku Jagadmu Jagad Alus, Psikologi Sastra, Kepribadian, Moralitas
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Supana, M.Hum.
2. Dr. Suyatno, M.Si.
3. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.