Penulis Utama : Siti Nur'awini Alliya Lestari Chandra Dewi Kusumaningrum
NIM / NIP : R0219085
×

Siti Nur’awini Alliya L.C.D.K., R0219085, 2023.  Hubungan Pengetahuan dan Keterampilan dengan Perilaku Penggunaan APAR pada Pekerja Bagian Produksi di Perusahaan Otomotif Karawang, Karawang, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : Data laporan fire accident perusahaan dalam 5 tahun terakhir terjadi 7 kasus kebakaran. Keterangan pengendalian kebakarannya menunjukkan pekerja memiliki perilaku penggunaan APAR yang berbeda. Perusahaan telah melakukan pelatihan penggunaan APAR setiap 1 tahun sekali namun belum menyeluruh ke semua pekerja karena keterbatasan jumlah APAR sehingga pengetahuan dan keterampilan penggunaan APAR tiap pekerja berbeda, yang akan berpengaruh pada perilaku penggunaan APARnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan keterampilan dengan perilaku penggunaan APAR pada pekerja bagian produksi di perusahaan otomotif Karawang.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian diperoleh dari pekerja bagian produksi perusahaan otomotif Karawang sebanyak 92 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengukuran pengetahuan APAR dan perilaku penggunaan APAR menggunakan kuesioner, sedangkan pengukuran keterampilan penggunaan APAR menggunakan checklist. Teknik analisis data yang digunakan uji somers’d untuk analisis bivariat dan uji regresi logistik ordinal untuk analisis multivariat.

Hasil : Hasil uji somers’d menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara pengetahuan APAR dengan perilaku penggunaan APAR (p value = 0,0001) dengan nilai arah korelasi positif dan koefisien korelasi kuat (r = 0,718). Hasil uji somers’d menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara keterampilan penggunaan APAR dengan perilaku penggunaan APAR (p value = 0,0001) dengan nilai arah korelasi positif dan koefisien korelasi sedang (r = 0,501). Hasil uji regresi logistik ordinal menunjukkan pengetahuan APAR (p value = 0,0001 dan t = 37,759) dan keterampilan penggunaan APAR (p value = 0,0003 dan t = 17,191) memiliki hubungan signifikan dengan perilaku penggunaan APAR.

Simpulan : Ada hubungan antara pengetahuan dan keterampilan dengan perilaku penggunaan APAR pada pekerja bagian produksi di perusahaan otomotif Karawang.

×
Penulis Utama : Siti Nur'awini Alliya Lestari Chandra Dewi Kusumaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0219085
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Pengetahuan dan Keterampilan dengan Perilaku Penggunaan APAR pada Pekerja Bagian Produksi di Perusahaan Otomotif Karawang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengetahuan APAR, Keterampilan Penggunaan APAR, Perilaku Penggunaan APAR
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bachtiar Chahyadhi, S.ST.,M.KKK
2. Hengky Ditya Eko Nugroho, S.ST.,M.Si
Penguji : 1. Yeremia Rante Ada, S.Sos.,M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.