Penulis Utama : Bagas Wahyu Wibisono
NIM / NIP : R0218025
×

Bagas Wahyu Wibisono, R0218025, 2022. Hubungan Pengetahuan dan Keterampilan terhadap Sikap Penggunaan APAR pada Pekerja di PT. Indo Acidatama, Tbk., Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Latar Belakang : Kebakaran merupakan bencana yang paling sering terjadi di industri (41,5%), 53?ri kebakaran terjadi di tangki penyimpanan bahan kimia. Dengan adanya proses di industri kimia yang menggunakan bahan mudah terbakar maka akan memicu timbulnya masalah berkaitan dengan risiko bencana kebakaran. Upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menanggulangi kebakaran salah satunya dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan keterampilan penggunaan terhadap sikap penggunaan APAR pada pekerja di Departemen Mekanik dan Departemen Elektrik PT. Indo Acidatama, Tbk.
Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, menggunakan desain penelitian cross sectional. Responden adalah pekerja di Departemen Mekanik yang berjumlah 35 pekerja dan Departemen Elektrik yang berjumlah 20 pekerja sehingga total responden adalah 55 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Kuesioner Pengetahuan APAR digunakan untuk mengambil data mengenai Pengetahuan APAR, Kuesioner Sikap Penggunaan APAR digunakan untuk mengambil data mengenai sikap penggunaan APAR, checklist keterampilan penggunaan APAR digunakan untuk mengambil data mengenai keterampilan penggunaan APAR. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, untuk hubungan pengetahuan dengan sikap penggunaan APAR dan hubungan keterampilan penggunaan dengan sikap penggunaan APAR menggunakan uji Somers’d. Teknik untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan keterampilan penggunaan dengan sikap penggunaan APAR menggunakan uji regresi logistik ordinal.
Hasil : Pengetahuan APAR memiliki korelasi yang signifikan dengan sikap penggunaan APAR (p-value= 0,000), keterampilan penggunaan APAR memiliki korelasi yang signifikan dengan sikap penggunaan APAR (p-value=0,000). Pengetahuan APAR merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap sikap penggunaan APAR (t= 22,076).
Simpulan : Variabel yang memiliki korelasi yang signifikan dengan sikap penggunaan APAR yaitu pengetahuan APAR dan keterampilan penggunaan APAR. Pengetahuan APAR mempengaruhi sikap penggunaan APAR sebesar 22,076 kali.

 

×
Penulis Utama : Bagas Wahyu Wibisono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218025
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Pengetahuan dan Keterampilan terhadap Sikap Penggunaan APAR pada Pekerja di PT. Indo Acidatama, Tbk.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengetahuan APAR, Keterampilan Penggunaan APAR, Sikap Penggunaan APAR.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeremia Rante Ada, S.Sos, M.Kes
2. Dr. Lusi Ismayenti, S.T., M.Kes
Penguji : 1. Ratna Fajariani, S.ST, M.KKK
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.