Penulis Utama : Pipit Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218090
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Antara Pelatihan APAR dan Pengetahuan APAR dengan Sikap Penggunaan APAR pada Perawat di Rawat Inap RSUD Sayidiman Magetan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang : Alat pemadam api ringan (APAR) adalah alat pemadam api yang mudah dilayani oleh satu orang untuk awal mula kebakaran. Dalam menggunakan APAR harus didukung dengan pengetahuan manusia dalam penggunaan APAR. Pelatihan APAR bagi pekerja dapat memberikan pengetahuan dan keahlian dalam penanggulangan kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelatihan APAR dan pengetahuan APAR dengan sikap penggunaan APAR.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan desain cross sectional. Responden diambil dari perawat di instalasi rawat inap RSUD Dr Sayidiman Magetan sejumlah 50 responden dari total 280 perawat. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuisioner untuk mengukur pelatihan APAR, pengetahuan APAR dan sikap penggunaan APAR. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi somers’d dan uji analisis regresi ordinal.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan 32 orang telah mengikuti pelatihan, sebanyak 29 orang  memiliki pengetahuan baik dan 32 orang memiliki sikap penggunaan APAR yang rendah. Hasil uji bivariat menunjukan ada hubungan yang signifikan (p<0 xss=removed xss=removed>wald = 6,768).

Simpulan : Terdapat hubungan yang siginifkan antara pelatihan APAR dan pengetahuan APAR dengan sikap penggunaan APAR. Variabel pelatihan APAR merupakan variabel bebas yang paling mempengaruhi sikap penggunaan APAR.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV.pdf
BAB III.pdf
BAB II.pdf
BAB I.pdf
HALAMAN COVER.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tyas Lilia Wardani, S. ST., M.KKK
2. Dr. Lusi Ismayenti, ST., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi