Penulis Utama : Gilang Adjie Saputra
NIM / NIP : R0220051
×

Gilang Adjie Saputra, R0220051,Gilang Adjie Saputra, R0220051, 2024. Pengaruh Simulasi terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Penggunaan APAR pada Pekerja Weaving PT Sekar Lima Pratama, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.


Latar Belakang: PT Sekar Lima Pratama merupakan salah satu perusahaan tekstil yang memiliki kebutuhan terhadap penggunaan listrik di bagian weaving menjadi faktor risiko kejadian kebakaran. Hasil survei awal yang dilakukan kepada 10 pekerja, sebanyak 70% pekerja memiliki pengetahuan kurang dan 30% pekerja memliki pengetahuan cukup terkait APAR, sebanyak 80% pekerja memiliki keterampilan kurang dan 20% pekerja memiliki keterampilan cukup terkait penggunaan APAR. Simulasi dapat dijadikan saran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penggunaan APAR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simulasi terhadap pengetahuan dan keterampilan penggunaan APAR pada pekerja bagian weaving PT Sekar Lima Pratama.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretest and post-test with control group. Responden pada penelitian ini yaitu pekerja pada bagian weaving PT Sekar Lima Pratama. Teknik sampling yang digunakan ialah simple random sampling dan responden yang didapatkan sebagai penelitian sebanyak 82 yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Pengukuran pengetahuan tentang APAR menggunakan kuesioner dan keterampilan penggunaan APAR menggunakan checklist. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney.


Hasil: Hasil uji analisis Wilcoxon pada pengetahuan kelompok eksperimen menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 (p ≤ 0,05), sedangkan pada pengetahuan kelompok kontrol menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,108 (p > 0,05). Hasil uji analisis Wilcoxon pada keterampilan kelompok eksperimen menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,000 (p ≤ 0,05), sedangkan pada keterampilan kelompok kontrol menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,251 (p > 0,05). Hasil uji analisis Mann-Whitney pada pengetahuan menunjukkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,001 (p ≤ 0,05). Hasil uji analisis Mann-Whitney pada keterampilan menunjukkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,000 (p ≤ 0,05).


Simpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara simulasi terhadap pengetahuan dan keterampilan penggunaan APAR pada pekerja bagian weaving PT Sekar Lima Pratama.

×
Penulis Utama : Gilang Adjie Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0220051
Tahun : 2024
Judul : Pengaruh Simulasi terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Penggunaan APAR pada Pekerja Weaving PT Sekar Lima Pratama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Simulasi, Kebakaran, APAR, Pengetahuan, Keterampilan, Pekerja Weaving
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Bachtiar Chahyadhi, S.ST., M.KKK
2. Farhana Syahrotun Nisa Suratna, S.ST., M.KKK
Penguji : 1. Dr. Sumardiyono, SKM., M.Kes.
Catatan Umum : -
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.