Penulis Utama : Nadila Rosalina
NIM / NIP : V0220049
×

 

Nadila Rosalina, V0220049. 2023. Strategi Promosi Pada Konsumen di Mandira Tour and Travel Surakarta. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Sekolah Vokasi. Universitas Sebelas Maret.

 

Pariwisata merupakan sektor yang ikut berperan penting dalam usaha peningkatan pendapatan. Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan alam dan keanekaragaman budaya, sehingga perlu adanya peningkatan sektor pariwisata. Biro Perjalanan Wisata merupakan salah satu faktor penting dari Industri Pariwisata, karena Biro Perjalanan Wisata memiliki ruang lingkup kegiatan usaha. Banyaknya Biro Perjalanan Wisata di Surakarta ini membuat Mandira Tour and Travel harus bersaing dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang terbaik agar banyak disukai oleh konsumen dan tidak mengecewakan para konsumen. Kondisi seperti ini memaksakan setiap perusahaan Biro Perjalanan Wisata untuk menerapkan strategi promosi maupun harga bersaing di pasar, agar mampu bersaing dan dapat menjadi leader market di kota Surakarta.

Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada Direktur Mandira Tour and Travel, observasi, studi dokumentasi, studi pustaka.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah strategi promosi kepada pelanggan di Mandira Tour and Travel. Media promosi yang digunakan Mandira Tour and Travel dalam melakukan promosi kepada konsumen yaitu brosur, facebook, WhatsApp, Instagram, dan website. Selain itu, kendala juga dialami oleh Mandira Tour and Travel dalam melakukan promosinya yakni bentuk promosi seperti cetakan brosur saat ini sudah kurang diminati karena masyarakat lebih cenderung ke media sosial daripada brosur. Solusi yang dilakukan oleh Mandira Tour and Travel dalam upaya mengatasi kendala tersebut adalah dengan cara mencetak brosur sesuai kebutuhan saja agar tidak sia – sia dan mengeluarkan uang terlalu banyak.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pada masa promosinya, Mandira Tour and Travel sudah menerapkan 4 dari 5 bauran promosi yaitu pemasaran langsung, hubungan masyarakat dan publisitas, promosi penjualan, dan penjualan langsung. Media promosi yang paling sering digunakan oleh Mandira untuk melakukan promosi yaitu WhatsApp dengan cara membuat story dan menghubungi pelanggan yang sudah pernah menggunakan jasa Mandira untuk menawarkan open trip dan memberi informasi bahwa ada promo tiket pesawat.

 

 

×
Penulis Utama : Nadila Rosalina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0220049
Tahun : 2023
Judul : STRATEGI PROMOSI PADA KONSUMEN DI MANDIRA TOUR AND TRAVEL SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Strategi Promosi, Mandira Tour and Travel, Pelanggan, Surakarta
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc
Penguji : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc
2. Alma Huwaida Ramadhani, S.S., M.A.
3. Nanang Wijayanto S. ST. M.M., Par.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.