Penulis Utama : Restu Anisa Wardanik
NIM / NIP : K7119221
×

Restu Anisa Wardanik. K7119221. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ASPEK KERJA SAMA PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GINTUNGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2023.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah- langkah penerapan model Cooperative tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil profil pelajar pancasila aspek kerja sama; (2) meningkatkan profil pelajar pancasila aspek kerja sama; dan (3) mendeskripsikan dampak pengiring dalam penerapan model Cooperative tipe Group Investigation.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Gintungan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model group investigation diterapkan dengan langkah: (a) pemilihan topik dan pengelompokan, (b) perencanaan kerja sama, (c) penyelidikan, (d) analisis dan sintesis, (e) presentasi hasil, dan (f) evaluasi, diperoleh persentase rata- rata pada siklus I sebesar 77,31%, pada siklus II 83,16%, dan pada siklus III sebesar 90,27%; (2) profil pelajar pancasila aspek kerja sama meningkat,  ditunjukkan dengan hasil pada siklus I siswa aktif berkontribusi karena ditunjuk teman, saling memotivasi anggota kelompoknya dalam berdiskusi, pada siklus II siswa inisiatif berkontribusi dengan tanggung jawab dalam diskusi kelompok, siklus III semua anggota aktif dan berinisiatif untuk mencari jawaban dengan tanggung jawab dalam berdiskusi; (3) dampak pengiring penerapan model group investigation bahwa siklus I siswa memiliki keinginan untuk mengetahui dan mengerti mengenai pelajaran, pada siklus II siswa merasa senang dan antusias mengikuti pembelajaran, siklus III siswa antusias dan kompak ketika berkelompok, serta siswa sudah berani mengungkapkan pendapat di depan teman yang lain.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan profil pelajar pancasila aspek kerja sama siswa kelas V SD Negeri 1 Gintungan tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Restu Anisa Wardanik
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119221
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Cooperative Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Aspek Kerja Sama pada Pembelajaran IPA Siswa SD Negeri 1 Gintungan Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : GI, Kerjasama, Pancasila, Profil Pelajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
2. Dr. Moh Salimi, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.