Penulis Utama : Putri Awalunnisa
NIM / NIP : B0119051
×

PUTRI AWALUNNISA. B0119051. 2023. Masalah Sosial dan Masalah Keluarga dari Delapan Cerkak dalam Antologi Cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina Karya Ki Sudadi (Suatu Kajian Sosiologi Sastra). Skripsi:Program Studi Sastra Daerah. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana analisis keterkaitan antar unsur yang terdapat dalam Antologi Cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina karya Ki Sudadi, (2) bagaimana klasifikasi masalah yang terdapat dalam Antologi Cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina karya Ki Sudadi ke dalam masalah sosial dan masalah keluarga, (3) bagaimana relevansi masalah yang terdapat pada delapan cerkak dalam Antologi Cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina karya Ki Sudadi dengan kehidupan masyarakat di Indonesia pada tahun 2020 sampai 2023. Tujuan Penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterkaitan antar unsur yang terdapat dalam Antologi Cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina karya Ki Sudadi, (2) mendeskripsikan masalah yang terdapat pada Antologi Cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina karya Ki Sudadi dan mengklasifikasikannya ke dalam masalah sosial dan masalah keluarga, (3) mendeskripsikan relevansi masalah terdapat pada delapan cerkak dalam Antologi Cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina karya Ki Sudadi dengan kehidupan masyarakat di Indonesia pada tahun 2020 sampai 2023.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah delapan judul cerkak dalam antologi cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina karya Ki Sudadi. Data penelitian berupa delapan cerkak dalam Antologi Cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina karya Ki Sudadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis struktural dan analisis sosiologi sastra.

Hasil penelitian ini adalah (1) keterkaitan antar unsur pada delapan judul cerkak dalam antologi cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina karya Ki Sudadi menunjukkan satu kesatuan yang utuh antara unsur yang satu dengan yang lain, (2) berdasarkan kajian sosiologi sastra pada delapan judul cerkak dalam antologi cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina karya Ki Sudadi mengungkapkan berbagai macam masalah sosial dan masalah keluarga antara lain kejahatan, kemiskinan, penyalahgunaan kekuasaan, perebutan warisan, dan kecanduan handphone, (3) berdasarkan beberapa pemberitaan di media online; masalah yang terdapat pada delapan cerkak dalam antologi cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina karya Ki Sudadi masih relevan dengan kehidupan masyarakat di Indonesia pada tahun 2020 sampai 2023.

×
Penulis Utama : Putri Awalunnisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119051
Tahun : 2023
Judul : Masalah Sosial dan Masalah Keluarga dari Delapan Cerkak dalam Antologi Cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina Karya Ki Sudadi (Suatu Kajian Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Sosiologi Sastra, Masalah Sosial dan Masalah Keluarga, Antologi Cerkak Lintang Kemukus Gagat Rahina
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suyatno, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Suyatno, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.