Penulis Utama : Nia Dwiyanti
NIM / NIP : B0118039
×

Nia Dwiyanti, B0118039. 2022. Masalah Sosial dari 7 Cerkak dalam Antologi Cerkak Rembulan Karahinan karya Nono Warnono (Suatu Kajian Sosiologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian: (1) bagaimana unsur intrinsik dari 7 cerkak dalam antologi cerkak Rembulan Karahinan karya Nono Warnono berdasarkan teori Burhan Nurgiyantoro? ; (2) bagaimana bentuk-bentuk masalah sosial dari 7 cerkak dalam antologi cerkak Rembulan Karahinan karya Nono Warnono? ; (3) bagaimana relevansi masalah sosial dari 7 cerkak dalam antologi cerkak Rembulan Karahinan karya Nono Warnono dengan masalah sosial yang terjadi pada masa sekarang?

Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan unsur intrinsik berdasarkan teori Burhan Nurgiyantoro, bentuk-bentuk masalah sosial dan relevansi masalah sosial dengan masalah sosial yang terjadi pada masa sekarang dari 7 cerkak dalam antologi cerkak Rembulan Karahinan karya Nono Warnono

Metode penelitian yang digunakan adalah berbentuk penelitian sastra dan menggunakan penelitian berjenis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan analisis isi. Sumber data primer berupa 7 cerkak dalam antologi cerkak Rembulan Karahinan karya Nono Warnono dan Nono Warnono (pengarang). Sumber data sekunder adalah sumber dari internet. Data primer berupa teks dari 7 cerkak dalam antologi cerkak Rembulan Karahinanan karya Nono Warnono dan informasi yang didapatkan dari wawancara dengan Nono Warnono. Data sekunder berupa informasi yang didapat dari internet. Uji keabsahan data adalah triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif.

Hasil penelitian: (1) berdasarkan analisis unsur intrinsik dengan teori Burhan Nurgiyantoro dari 7 cerkak dalam antologi cerkak Rembulan Karahinan karya Nono Warnono menunjukkan adanya keterkaitan yang kuat antar unsur pembangun. (2) berdasarkan analisis sosiologi sastra, 7 cerkak dalam antologi cerkak Rembulan Karahinan karya Nono Warnono menunjukkan masalah sosial kejahatan, peperangan, disorganisasi keluarga, kemiskinan dan pelanggaran norma-norma terhadap masyarakat. (3) mendeskripsikan relevansi masalah sosial dari 7 cerkak dalam antologi cerkak Rembulan Karahinan karya Nono Warnono dengan masalah sosial yang terjadi pada masa sekarang.

×
Penulis Utama : Nia Dwiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118039
Tahun : 2022
Judul : Masalah Sosial dari 7 Cerkak dalam Antologi Cerkak Rembulan Karahinan karya Nono Warnono (Suatu Kajian Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Antologi Cerkak, Rembulan Karahinan, Masalah Sosial, Sosiologi Sastra
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S, M Hum.,
Penguji : 1. Dr. Supana, M.Hum
2. Dr. Suyatno M.Si
3. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.