Penulis Utama : Salsabila Qurata'ayun
NIM / NIP : V1620087
×

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital membuat kebutuhan masyarakat akan informasi mengalami peningkatan. Media membawa dampak besar dalam perubahan gaya hidup di lingkungan masyarakat terkait karakter, tingkah laku, maupun sikap. Perkembangan teknologi menjadikan persaingan bisnis dalam media cetak semakin ketat sehingga perusahaan harus lebih berinovasi. Oleh karena itu, PT Aksara Solopos memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan performa perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses transformasi digital, pendapat masyarakat terhadap media cetak di era digital, serta tantangan dan upaya dalam mempertahankan media cetak. Untuk menganalisis lebih jauh permasalahan dalam penelitian ini, maka metode pembahasan yang digunakan oleh penulis yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuesioner dengan menggunakan 190 responden.

PT Aksara Solopos merupakan salah satu perusahaan media yang dikenal di Kota Surakarta dengan memproduksi koran yang bernama Harian Umum Solopos. Dalam menjalankan bisnisnya, PT Aksara Solopos menghadapi persaingan yang sangat ketat. Hal itu ditandai dengan adanya teknologi digital dan semakin banyaknya produksi media cetak yang berskala lokal atau nasional yang ada di daerah Kota Surakarta. Untuk mempertahankan posisi media cetak saat ini, PT Aksara Solopos juga berusaha untuk terus melakukan berbagai perubahan dengan menyesuaikan trend yang sedang naik.

Berdasarkan analisis tersebut, maka disimpulkan bahwa PT Aksara Solopos yang bertransformasi pada tahun 2007 mengalami percepatan transformasi di tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. Meskipun demikian, perusahaan tetap mempertahankan media cetak dengan melakukan pengembangan inovasi sehingga dapat diterima masyarakat yang bisa dilihat melalui hasil kuesioner yang disebarkan. Dalam mempertahankan media cetak, PT Aksara Solopos mengalami tantangan transformasi berupa penyesuaian budaya dan pembuatan konten yang menarik. Upaya yang sudah dilakukan oleh perusahaan adalah menjalin kemitraan dengan perusahaan lain serta meningkatkan kualitas yang ada. Berdasarkan survey penelitian menyatakan bahwa sebagian responden masih mudah menemukan dan masih mempercayai informasi dalam media cetak. Namun, sebagian responden sudah beralih memperoleh informasi melalui media digital.

×
Penulis Utama : Salsabila Qurata'ayun
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1620087
Tahun : 2023
Judul : Transformasi Media Cetak Menuju Media Digital Studi Kasus Pada PT Aksara Solopos
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Bisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Transformasi, Media Cetak, Media Digital
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti, S.E., M.Si.
Penguji : 1. Yohanes Wien Tineka, S.E., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.