Penulis Utama : Desi Prianita Fitri
NIM / NIP : V0720021
×

Desi Prianita Fitri. V0720021. Prosedur Manajemen Kompensasi Keuangan Pegawai Aparatur Sipil Negara Melalui Sistem Pemerintahan Daerah (SIPD) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bojonegoro. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret. 2023. 85 Halaman.

     Pemberian kompensasi yang layak dapat meningkatkan motivasi dan semangat kerja pegawai sehingga tujuan organisasi dapat mudah tercapai. Salah satu kompensasi keuangan yaitu gaji. Gaji merupakan kompensasi finansial langsung yang diberikan secara teratur setiap bulan. Untuk mengoptimalkan pelayanan dan pendistribusian gaji kepada pegawai, penggajian pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bojonegoro tidak lagi dilakukan secara manual, melainkan sudah menggunakan sebuah sistem yaitu SIPD untuk mengelola dan memproses gaji pegawai. Pengamatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur manajemen kompensasi keuangan pegawai aparatur sipil negara melalui sistem informasi pemerintahan daerah pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bojonegoro. Pengamatan ini menggunakan jenis pengamatan dengan observasi berperan serta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen.

     Berdasarkan hasil pengamatan didapatkan bahwa prosedur manajemen kompensasi keuangan yaitu penggajian pada pegawai ASN di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bojonegoro telah menggunakan sistem yaitu SIPD untuk membuat Surat Permintaan Pembayaran, Surat Perintah Membayar, dan Surat Penyataan Tanggung Jawab Mutlak. Lalu untuk pembuatan daftar gaji menggunakan aplikasi SIMGAJI dari taspen.  Prosedur penggajian pegawai ASN dimulai dari pembuatan daftar gaji, lalu bendahara pengeluaran membuat SPP, kemudian pengguna anggaran membuat SPTJM SPP setelah itu PPK melakukan verifikasi SPP dan membuat SPM, setelah SPM dibuat pengguna anggaran membuat SPTJM SPM. Setelah semua dokumen dibuat dan ditandatangani oleh kepala badan maka dokumen dikirimkan ke BPKAD setelah SP2D diterbitkan dapat dilakukan pencairan gaji ke Bank Jatim. Kemudian pegawai ASN pada tanggal 1 setiap bulan nya akan mendapatkan gaji ke masing-masing rekening pegawai.

Kata kunci: Aparatur Sipil Negara, Kompensasi Keuangan, Prosedur, SIPD

 

 

×
Penulis Utama : Desi Prianita Fitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0720021
Tahun : 2023
Judul : Prosedur Manajemen Kompensasi Keuangan Pegawai Aparatur Sipil Negara Melalui Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bojonegoro
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tiyas Nur Haryani, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.