Penulis Utama : Sekar Wahyu Septiana
NIM / NIP : K4319077
×

Sekar Wahyu Septiana. K4319077. Pembimbing I: Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si Pembimbing II: Dr. Harlita, S.Si., M.Si. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa melalui penerapan model problem based learning pada materi sistem reproduksi. Penelitian dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama 2 siklus dengan 2 kali pertemua di tiap siklus. Tiap pertemuan pembelajaran membahas sub-materi sistem reproduksi. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI-F8 tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 siswa yang terdiri atas 18 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Data penelitian diperoleh melalui pemberian lembar tes, lembar angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Lembar tes disesuaikan dengan aspek kemampuan literasi sains meliputi aspek kompetensi, aspek konteks dan aspek pengetahuan, serta lembar angket disesuaikan dengan aspek sikap literasi sains. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validasi data dilakukan menggunakan teknik triangulasi data. Capaian rata-rata kemampuan literasi sains saat pra-siklus pada aspek kompetensi meningkat dari 44,5% (sangat rendah) menjadi 67,0% (cukup) pada siklus 1, kemudian kembali meningkat menjadi 79,3% (tinggi) pada siklus 2. Aspek konteks meningkat dari 56,3% (rendah) menjadi 64,4% (cukup) pada siklus 1, kemudian kembali meningkat menjadi 78,4% (tinggi) pada siklus 2. Aspek pengetahuan meningkat dari 56,9% (rendah) menjadi 61,8% (cukup) pada siklus 1, kemudian kembali meningkat menjadi 85,3% (tinggi) pada siklus 2. Aspek sikap meningkat dari 74,7% (cukup) menjadi 78,6% (tinggi) pada siklus 1, kemudian kembali meningkat menjadi 80,4% (tinggi) pada siklus 2. Berdasarkan hasil tindakan siklus 2, kemampuan literasi sains siswa pada tiap aspek memperoleh capaian rata-rata sebesar >76% dan telah mencapai kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning pada materi sistem reproduksi dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

 

×
Penulis Utama : Sekar Wahyu Septiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4319077
Tahun : 2023
Judul : PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : problem based learning, penelitian tindakan kelas, kemampuan literasi sains, aspek literasi sains
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. rer.nat. Sajidan, M.Si.
2. Dr. Harlita, S. Si., M. Si.
Penguji : 1. Dr. Meti Indrowati S.Si., M.Si
2. Dewi Puspita Sari, S.Pd., M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.