Penulis Utama : Dita Cahyaningtyas
NIM / NIP : K3119031
×

Dita Cahyaningtyas. K3119031. HUBUNGAN ANTARA SELF AWARENESS DAN SELF EFFICACY DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANYUDONO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat self awareness, self efficacy, dan kemampuan pengambilan keputusan karier, (2) menganalisis hubungan self awareness  dengan pengambilan keputusan karier, (3) menganalisis hubungan self efficacy dengan pengambilan keputusan karier, (4) menganalisis hubungan antara self awareness dan self efficacy dengan pengambilan keputusan karier kelas XI SMA Negeri 1 Banyudono.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banyudono sejumlah 288 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 25?ri jumlah populasi menurut Sugiono, sehingga diperoleh sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala psikologi self awareness, self efficacy dan pengambilan keputusan karier. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Hasil analisis statistik deskriptif (1) tingkat self awareness menunjukkan sebanyak 54 siswa berada dikategori sedang dan 18 siswa dikategori tinggi. Tingkat self efficacy menunjukan sebanyak 9 siswa berada dikategori rendah, 58 siswa dikategori sedang dan 5 siswa dikategori tinggi. Tingkat pengambilan keputusan karier sebanyak 32 siswa berada dikategori sedang dan 40 siswa di kategori tinggi. Hasil analisis statistik inferensial (2) terdapat hubungan yang positif dengan tingkat korelasi sedang antara self awareness dengan pengambilan keputusan karier dimana diperoleh nilai sig. (2- tailed) 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,407 (3) tidak terdapat hubungan antara self efficacy dengan pengambilan keputusan karier dimana diperoleh nilai sig. (2- tailed) 0,751 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,038. (4) secara simultan diperoleh hasil adanya hubungan signifikan yang positif dengan tingkat korelasi sedang antara self awareness dan self efficacy dengan pengambilan keputusan karier, dimana diperoleh nilai sig. (2- tailed) 0,002 dan nilai R sebesar 0,409. Sehingga dapat dimaknai bahwa semakin tinggi self awareness dan self efficacy, maka akan semakin tinggi pula pengambilan keputusan karier siswa, begitupun sebaliknya

Saran bagi guru BK yaitu untuk memberikan layanan BK pribadi dan karier yang berguna untuk meningkatkan self awareness dan self efficacy, sehingga siswa memiliki kemampuan efektif dalam pengambilan keputusan karier secara matang dan penuh tanggung jawab. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya yaitu dapat melakukan penelitian yang serupa dengan mempertimbangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan karier.

×
Penulis Utama : Dita Cahyaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3119031
Tahun : 2023
Judul : HUBUNGAN ANTARA SELF AWARENESS DAN SELF EFFICACY DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANYUDONO
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Self Awareness, Self Efficacy, Pengambilan Keputusan Karier
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ma’rifatin Indah Kholili, M.Pd
2. Adi Dewantoro, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd
2. Citra Tectona Suryawati, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.