Penulis Utama : Defa Aristantia
NIM / NIP : K4219013
×

Defa Aristantia. K4219013. Pembimbing I: Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum. Pembimbing II: Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.  ANALISIS GAYA BAHASA LAN NILAI PENDHIDHIKAN KARAKTER SAJRONING ANTOLOGI GEGURITAN CATHETAN KANGGO LINTANG ANGGITANE IRUL S BUDIANTO SARTA RELEVANSINE MINANGKA BAHAN AJAR BASA JAWA SISWA SMP KELAS IX. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pentingnya memahami gaya bahasa di dalam geguritan supaya bisa mengambil amanat di dalamnya. Selain mengambil amanat-amanat, di dalam geguritan juga mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu (1) menjelaskan gaya bahasa yang terkandung di dalam antologi geguritan Cathetan Kanggo Lintang karya Irul S budianto, (2) menjelaskan nilai-nilai pendhidhikan karakter yang terkandung di dalam antologi geguritan Cathetan Kanggo Lintang karya Irul S Budianto, (3) menjelaskan hubungan hasil penelitian analisis gaya bahasa dan nilai pendidikan karakter di dalam antologi geguritan Cathetan Kanggo Lintang karya Irul S Budianto sebagai bahan ajar Bahasa Jawa siswa SMP kelas IX. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan kajian stilistika, serta menggunakan data kualitatif seperti: kata, frase, klausa, maupun kalumat yang di dalamnya terkandung gaya bahasa serta nilai-nilai pendhidhikan karakter di dalam antologi geguritan Cathetan Kanggo Lintang karya Irul S Budianto. Sumber data yang digunakan yaitu dokumen dan informan. Sumber data dokumen yang digunakan seperti buku antologi geguritan Cathetan Kanggo Lintang, teori yang sesuai dari buku maupun jurnal, serta silabus muatan lokal Bahasa Jawa kurikulum 2013. Sedangkan sumber data informanya yaitu guru Bahasa Jawa, siswa SMP kelas IX, dan ahli bahasa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik uji validitas menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis etnografi dari Spradley. Hasil pada penelitian ini sebagai berikut. Pertama, yaitu tipe-tipe gaya bahasa seperti 23 majas perbandingan, 13 majas pengulangan, 8 majas pertautan, 12 majas pengontrasan, dan 7 susunan lain. Kedua, yaitu nilai-nilai pendidikan karakter seperti 2 iman dan takwa, 3 jujur, 1 adil dan toleransi, 3 semangat mencari ilmu, bekerja, dan kreatif, 2 mandiri, 3 cinta tanah air, 1 tanggung jawab, serta 6 peduli. Ketiga, yaitu bisa diambil kesimpulan bahwa analisis gaya bahasa dan nilai pendidikan karakter dalam antologi geguritan Cathetan Kanggo Lintang karya Irul S Budianto sesuai digunakan sebagai bahan ajar di SMP kelas IX.

×
Penulis Utama : Defa Aristantia
Penulis Tambahan : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.
NIM / NIP : K4219013
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS GAYA BAHASA LAN NILAI PENDHIDHIKAN KARAKTER SAJRONING ANTOLOGI GEGURITAN CATHETAN KANGGO LINTANG ANGGITANE IRUL S BUDIANTO SARTA RELEVANSINE MINANGKA BAHAN AJAR BASA JAWA SISWA SMP KELAS IX
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Gaya bahasa, pendidikan karakter, Antologi, Cathetan Kanggo Lintang
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Winda Dwi Lestar, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.