Penulis Utama : Farah Nur Laily
NIM / NIP : E0019154
×

FARAH NUR LAILY. E0019154. KESADARAN HUKUM MASYARAKAT TERHADAP PELANGGARAN HAK CIPTA DALAM PRAKTIK JUAL BELI AKUN PREMIUM NETFLIX SECARA ILEGAL (STUDI KASUS DI KOTA SURAKARTA). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian hukum ini dilatarbelakangi oleh maraknya praktik jual beli akun premium Netflix secara ilegal di Kota Surakarta yang merupakan salah satu bentuk pelanggaran terhadap hak cipta yang dimiliki oleh Netflix. Penelitian ini akan menganalisis terkait perlindungan hukum Netflix serta pelaksanaannya dan kesadaran hukum masyarakat terhadap praktik jual beli akun premium Netflix secara ilegal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian socio-legal yang bersifat preskriptif dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum. Jenis dan sumber data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dengan model analisa interaktif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum dapat dibagi menjadi perlindungan internal oleh Netflix diantaranya melalui ketentuan penggunaan Netflix dan perlindungan eksternal yang dibuat oleh pemerintah melalui peraturan perundang-undangan. Pada pelaksanaannya, perlindungan hukum yang ada belum dapat berjalan dengan baik sehingga masih banyak ditemukan praktik jual beli akun premium Netflix secara ilegal. Berdasarkan hasil penelitian kepada 104 responden pembeli menunjukkan bahwa hanya sebesar 19,2% pengguna Netflix di Kota Surakarta yang berlangganan Netflix secara resmi. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran hukum masyarakat di Kota Surakarta terkait perlindungan hukum atas praktik jual beli akun premium Netflix secara ilegal masih perlu ditingkatkan dan hanya sebatas mengetahui aturan hukum saja tanpa mengetahui isi, maksud, terlebih menaati serta menghargai aturan hukum tersebut.

×
Penulis Utama : Farah Nur Laily
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0019154
Tahun : 2023
Judul : Kesadaran Hukum Masyarakat terhadap Pelanggaran Hak Cipta dalam Praktik Jual Beli Akun Premium Netflix Secara Ilegal (Studi Kasus di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2023
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Kesadaran Hukum, Hak Cipta, Netflix.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yudho Taruno Muryanto, S.H., M.Hum.
Penguji : 1. Kukuh Tejomurti, S.H., LL.M.
2. Dona Budi Kharisma, S.H., M.H.
3. Prof. Dr. Yudho Taruno Muryanto, S.H., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.