Penulis Utama : Clara Ria Dentawati
NIM / NIP : K3316009
×

Clara Ria Dentawati. K3316009. Pembimbing I: Dr. Endang Susilowati, M.Si. Pembimbing II: Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D. ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GASAL MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 1 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2023.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal penilaian akhir semester (PAS) kimia kelas XI tahun ajaran 2022/2023 di SMA Negeri 1 Wonogiri ditinjau dari validitas, reliabilitas, daya beda, taraf kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini meliputi naskah hasil jawaban siswa, soal, dan kunci jawaban soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kimia Kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dengan menggunakan software Iteman 4.5. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas butir soal pada aspek validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Pada aspek validitas diperoleh 76,67% soal valid dan 33,34% soal tidak valid. Pada aspek reliabilitas diperoleh nilai reliabilitas alpha sebesar 0,82 dan berkategori tinggi. Pada aspek taraf kesukaran diperoleh 33,34% soal berkategori sukar dan 66,66% soal berkategori sedang. Pada aspek daya beda diperoleh 7% soal berkategori jelek sekali, 20% soal berkategori jelek, 40% soal berkategori sedang, dan 33% soal berkategori baik. Pada aspek efektivitas pengecoh didapat 7% soal berkategori cukup, 30% soal berkategori baik, dan 63% soal berkategori sangat baik. Implikasi penelitian bagi guru atau pihak lain yang ingin melakukan penelitian serupa yang terkait evaluasi pembelajaran dengan pembuatan soal agar dapat memperhatikan beberapa aspek seperti validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh, agar evaluasi pembelajaran atau proses pembelajaran dapat mengukur tujuan yang dituju. Harapan dari hasil penelitian ini adalah soal dengan kualitas yang baik dapat digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal yang lebih berkualitas. 

 

×
Penulis Utama : Clara Ria Dentawati
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : K3316009
Tahun : 2023
Judul : Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA Negeri 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : analisis butir soal, penilaian akhir semester, iteman
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Endang Susilowati, M.Si.
2. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Elfi Susanti VH, M.Si.
2. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.