Penulis Utama : Ignasia Erlin
NIM / NIP : K3316023
×

Ignasia ErlinK3316023. Pembimbing I : Dr. Elfi Susanti VH, S.Si., M.Si. Pembimbing II : Dr. rer. nat. Sri Mulyani, M.Si. ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL KELAS XI SMA SANTA MARIA MONICA BEKASI TAHUN AJAR 2022/2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2023. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal penilaian akhir semester (PAS) buatan guru kelas XI tahun ajaran 2022/2023 di SMA Santa Maria Monica Bekasi ditinjau dari validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya beda dan efektifitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini meliputi naskah soal, kunci jawaban dan hasil jawaban siswa soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kimia kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi arsip dan wawancara tidak terstruktur. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi, evaluasi informan kunci dan pengembangan informan anggota. Analisis data dengan menggunakan software Iteman 4.3. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.Pertama, kualitas butir soal pada aspek validitas diperoleh 37,5% soal valid dan 62,5% soal tidak valid. Kedua, kualitas butir soal pada aspek reliabilitas diperoleh nilai reliabilitas alpha sebesar 0,804 dan berkategori tinggi. Ketiga, kualitas butir soal pada aspek taraf kesukaran diperoleh 62,5% soal berkategori mudah, 22,5% soal berkategori sedang dan 15% soal berkategori sukar. Keempat, kualitas butir soal pada aspek daya beda diperoleh 15% soal berkategori jelek sekali, 32,5% soal berkategori jelek, 15% soal berkategori cukup, 30% soal berkategori baik dan 7,5% soal berkategori baik sekali. Kelima, kualitas butir soal pada aspek efektifitas pengecoh diperoleh 25% soal memiliki pengecoh yang sangat buruk, 37,5% soal memiliki pengecoh yang buruk, 25% soal memiliki pengecoh yang cukup, 12,5% soal memiliki pengecoh yang baik dan 0% soal memiliki pengecoh yang sangat baik. Keenam, persebaran level kognitif berdasarkan taksonomi Bloom pada penelitian ini diperoleh 20% soal tingkat C1, 30% soal tingkat C2, 37,5% soal tingkat C3, 12,5% soal tingkat C4 dan tidak terdapat soal pada tingkat C5 dan C6. Implikasi penelitian ini bagi guru adalah meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun soal ujian, sehingga soal ujian sebagai alat ukur yang mengukur setiap ranah siswa yang tergambar dari soal yang disusun. Harapan dari hasil penelitian ini adalah soal ujian dengan kualitas yang baik dari segi tingkat validitas yang valid secara isi, tingkat kesukaran yang mempunyai tingkat proposional antara soal berkategori sedang, rendah dan tinggi, mampu membedakan peserta didik yang kurang dan peserta didik yang pandai, serta mempunyai pengecoh soal yang baik sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal yang lebih berkualitas.  

 

×
Penulis Utama : Ignasia Erlin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3316023
Tahun : 2023
Judul : Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas XI SMA Santa Maria Monica Bekasi Tahun Ajar 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : analisis butir soal, iteman, penilaian akhir semester
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Elfi Susanti VH, S.Si., M.Si
2. Dr. rer. nat. Sri Mulyani, M.Si
Penguji : 1. Dr. Sri Retno Dwi Ariani, M.Si
2. Dr. Budi Hastuti, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.