Penulis Utama : Rahayu Prasetyowati
NIM / NIP : K1217062
×

Rahayu Prasetyowati. K1217062. Pembimbing I: Dra. Ani Rakhmawati, M. A., Ph. D. Pembimbing II: Dr. Raheni Suhita, M. Hum. REPRESENTASI FEMINISME DAN NILAI MORAL DALAM FILM MULAN KARYA NIKI CARO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS ULASAN DI SMA. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) representasi feminisme dalam film Mulan, (2) nilai moral yang terkandung dalam film Mulan, serta (3) relevansi film Mulan sebagai media pembelajaran teks ulasan di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes yang berfokus pada signifikasi tahap kedua yaitu konotasi dan mitos. Sumber data penelitian ini berupa dokumen yaitu film Mulan karya Niki Caro. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purpose sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak catat, analisis dokumen, dan wawancara yang dilakukan secara tidak terstruktur. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Representasi feminisme yang ditampilkan dalam film Mulan yaitu perempuan memiliki sikap bertanggung jawab dan berani dalam mengambil resiko, perempuan mampu menjadi pemimpin, melakukan peran laki-laki dalam ranah publik, dan membawa kehormatan bagi keluarga. Selain itu, dalam film Mulan juga menampilkan adanya diskriminasi terhadap perempuan serta pandangan tentang perempuan ideal dan kewajiban melayani suami; (2) Film Mulan mengandung nilai pendidikan berupa nilai moral. Nilai moral tersebut dapat dijadikan sebagai bekal, panutan, dan cerminan oleh penontonnya terutama peserta didik di tingkat SMA untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai moral yang terkandung dalam film Mulan antara lain: 1) moral hubungan manusia dengan Tuhan, 2) moral hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial berupa kepedulian, rela berkorban, persahabatan atau solidaritas, dan tolong menolong, serta 3) moral hubungan manusia dengan diri sendiri berupa kejujuran, keberanian, bertanggung jawab, dan pantang menyerah; (3) film Mulan relevan untuk dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran teks ulasan di SMA. Hal tersebut dikarenakan film Mulan sesuai dengan kriteria media pembelajaran yang baik dan bernilai pendidikan.

×
Penulis Utama : Rahayu Prasetyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217062
Tahun : 2023
Judul : Representasi Feminisme dan Nilai Moral dalam Film Mulan Karya Niki Caro serta Relevansinya sebagai Media Pembelajaran Teks Ulasan di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Representasi, Feminisme, Nilai Moral, Media Pembelajaran, Film Mulan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ani Rakhmawati, M. A., Ph. D.
Penguji : 1. Dr. Chafit Ulya, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.