Penulis Utama : Regina Dewitri
NIM / NIP : B0119052
× <p>Regina Dewitri. B0119052. 2023. <strong><em>Konstruksi Gender Tokoh Utama Pada Lima Cerkak Dalam Antologi Cerkak Simbar Menjangan Karya Impian Nopitasari (Kritik Sastra Feminis).</em></strong><strong><em> </em></strong>Skripsi: Progra Sastra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret.</p><p> </p><p>Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana unsur- unsur yang membangun lima <em>cerkak Simbar Menjangan </em>karya Impian Nopitasari?; 2) bagaimana konstruksi gender tokoh utama pada lima <em>cerkak </em>dalam antologi <em>cerkak Simbar Menjangan </em>karya Impian Nopitasari?; 3) bagaimana bentuk-bentuk kesetaraan perempuan pada lima <em>cerkak </em>dalam antologi <em>cerkak Simbar Menjangan </em>karya Impian Nopitasari?</p><p> </p><p>Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan struktur pada lima <em>cerkak </em>dalam antologi <em>cerkak Simbar Menjangan </em>karya Impian Nopitasari menggunakan teori Sangidu, konstruksi gender tokoh utama pada lima <em>cerkak </em>dalam antologi <em>Simbar Menjangan </em>karya Impian Nopitasari, dan bentuk-bentuk kesetaraan perempuan pada lima <em>cerkak </em>dalam antologi <em>cerkak Simbar Menjangan </em>karya Impian Nopitasari.</p><p> </p><p>Bentuk penelitian deskriptif kualitatif untuk penelitian sastra. Pengumpulan data menggunakan teknik analisis isi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan struktural dan feminisme sastra. Sumber data adalah lima cerkak dalam antologi <em>cerkak Simbar Menjangan </em>oleh Impian Nopitasari. Data adalah teks pada lima <em>cerkak </em>dalam antologi <em>cerkak Simbar Menjangan </em>oleh Impian Nopitasari yang di dalamnya memuat data struktural dan data konstruksi gender.</p><p> </p><p>Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: 1) berdasarkan unsur-unsur yang membangun lima <em>cerkak </em>dalam antologi <em>cerkak Simbar Menjangan </em>karya Impian Nopitasari memiliki unsur-unsur pembangun karya sastra yang lengkap sehingga dapat membangun jalan cerita secara utuh, unsur-unsur tersebut antara lain penokohan, alur, latar, tema, amanat; 2) berdasarkan analisis konstruksi gender, khususnya dengan teori konstruksi gender Fakih, yaitu identifikasi tokoh, relasi gender, dan peran gender pada tokoh utama lima <em>cerkak </em>dalam antologi <em>cerkak Simbar Menjangan </em>karya Impian Nopitasari; 3) bentuk-bentuk kesetaraan perempuan yaitu peran publik dan peran domestik pada lima <em>cerkak </em>dalam antologi <em>cerkak Simbar Menjangan </em>karya Impian Nopitasari.</p>
×
Penulis Utama : Regina Dewitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119052
Tahun : 2023
Judul : KONSTRUKSI GENDER TOKOH UTAMA PADA LIMA CERKAK DALAM ANTOLOGI CERKAK SIMBAR MENJANGAN KARYA IMPIAN NOPITASARI (KRITIK SASTRA FEMINIS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Antologi Cerkak Simbar Menjangan, Konstruksi Gender, Bentuk- bentuk Kesetaraan Perempuan, Feminisme Sastra.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suyatno, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.