Penulis Utama : Atha Indianto
NIM / NIP : K1219022
×

Atha Indianto. K1219022. Pembimbing 1: Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. Pembimbing 2: Dr. Sri Hastuti, S.S., M.Pd. TINDAK TUTUR DAN IMPLIKATUR PADA KUMPULAN CERPEN DI KALA PAGI KARYA RENI NURYANTI SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2023

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan dan mendeskripsikan tindak tutur yang digunakan dalam kumpulan cerpen Di Kala Pagi karya Reni Nuryanti, (2) menjelaskan dan mendeskripsikan implikatur yang digunakan dalam kumpulan cerpen Di Kala Pagi karya Reni Nuryanti, (3) menjelaskan dan mendeskripsikan relevansi hasil analisis tindak tutur dan implikatur pada kumpulan cerpen Di Kala Pagi karya Reni Nuryanti dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMK Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi naskah kumpulan cerpen Di Kala Pagi karya Reni Nuryanti, artikel jurnal, buku, penelitian yang relevan, dan guru sebagai narasumber. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis isi deskriptif dan wawancara terstruktur. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, ditemukan sebanyak 25 data atau sebesar 30,5% tindak tutur lokusi deklaratif, 52 data atau sebesar 63,5% tindak tutur lokusi interogatif, dan 5 data atau sebesar 6% tindak tutur lokusi imperatif. Ditemukan sebanyak 31 data atau sebesar 38% tindak tutur ilokusi asertif, 12 data atau sebesar 15% tindak tutur ilokusi komisif, 13 data atau sebesar 16% tindak tutur ilokusi ekspresif, 20 data atau sebesar 25% ilokusi direktif, dan 5 data atau sebesar 6% tindak tutur ilokusi deklaratif. Ditemukan sebanyak 10 data atau sebesar 50% tindak tutur perlokusi verbal, 5 data atau sebesar 25% tindak tutur perlokusi nonverbal, dan 5 data atau sebesar 25% tindak tutur perlokusi verbal nonverbal. Kedua, ditemukan sebanyak 143 data atau sebesar 78% implikatur konvensional dan sebanyak 40 data atau sebesar 22% implikatur nonkonvensional. Fungsi implikatur konvensional yang ditemukan meliputi direktif, asertif, dan ekspresif. Fungsi implikatur nonkonvensional yang ditemukan meliputi direktif, interogatif, ekspresif, asertif, dan deklaratif. Ketiga, tindak tutur dan implikatur pada kumpulan cerpen Di Kala Pagi karya Reni Nuryanti dapat dikaitkan dengan elemen Capaian Pembelajaran Fase E yaitu membaca dan memirsa dan berbicara dan mempresentasikan.

×
Penulis Utama : Atha Indianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1219022
Tahun : 2023
Judul : Tindak Tutur dan Implikatur pada Kumpulan Cerpen Di Kala Pagi Karya Reni Nuryanti serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : tindak tutur; implikatur; pembelajaran bahasa Indonesia; cerpen; anekdot.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.