Penulis Utama : Ruwiyanto
NIM / NIP : A122108026
×

ABSTRAK

 

Ruwiyanto. A122108026. 2023. Tata Kelola Pembinaan Cabang Olahraga Selam Pada Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Jawa Tengah (Studi Interpretatif Dasar Tentang Organisasi, Sumber Daya Manusia, Sarana Prasarana, Pendanaan, Dan Pelaksanaan Latihan). Pembimbing (1) Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd (2) Drs. Tri Aprilijanto Utomo, M.Kes., Ph.D. Tesis. Pascasarjana. Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Organisasi cabang olahraga selam pada Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Jawa Tengah. 2) Rekrutmen sumber daya manusia cabang olahraga selam pada Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Jawa Tengah. 3) Sarana prasarana cabang olahraga selam pada Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Jawa Tengah. 4) Pendanaan cabang olahraga selam pada Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Jawa Tengah. 5) Pelaksanaan latihan cabang olahraga selam pada Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Jawa Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif interpretative. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah Ketua dan pengurus berjumlah 2 orang, pelatih 1 orang dan 2 atlet POSSI Jawa Tengah. Analisis data dalam penelitian ini memiliki 4 tahap yaitu: tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Organisasi Cabang Olahraga Selam POSSI Provinsi Jawa Tengah menunjukkan struktur manajemen yang terorganisir dengan baik, dengan pemimpin yang berpengalaman dan berkompeten. 2) Rekrutmen Sumber Daya Manusia Cabang Olahraga Selam POSSI Provinsi Jawa Tengah melakukan rekrutmen sumber daya manusia dan atlet selam dengan serius dan transparan. 3) Sarana Prasarana Cabang Olahraga Selam POSSI Provinsi Jawa Tengah cukup memadai, pelatihan atlet selam dapat berjalan lebih optimal. 4) Pendanaan Cabang Olahraga Selam POSSI Provinsi Jawa Tengah mencari berbagai sumber pendanaan dari POSSI Pusat, pemerintah daerah, sponsor, donatur swasta, pendapatan acara, dan dukungan POSSI Nasional. 5) Pelaksanaan Latihan Cabang Olahraga Selam POSSI Provinsi Jawa Tengah telah dilakukan dengan serius dan terarah. Pelatih selam berpengalaman telah menyusun program latihan komprehensif, dan atlet-atlet di wilayah tersebut memiliki potensi yang menjanjikan.

Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Tata Kelola Pembinaan Dan Pengembangan Sumber Daya Cabang Olahraga Selam Pada Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Jawa Tengah sudah terprogram dan terlaksana.

 

Kata Kunci: Pembinaan, Pengembangan, Sumber Daya, Olahraga Selam

×
Penulis Utama : Ruwiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A122108026
Tahun : 2024
Judul : TATA KELOLA PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA SELAM PADA PERSATUAN OLAHRAGA SELAM SELURUH INDONESIA (POSSI) PROVINSI JAWA TENGAH
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pembinaan, Pengembangan, Sumber Daya, Olahraga Selam
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ijsshr.in/v6i9/Doc/36.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
2. Drs. Tri Aprilijanto Utomo, M.Kes., Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Slamet Riyadi, S.Pd., M.Or.
2. Dr. Waluyo, M.Or
Catatan Umum : Telah Terpublish
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.