Penulis Utama : Austin Cindy Pratiwi
NIM / NIP : A122108009
×

Austin Cindy Pratiwi. A122108009. 2024. Hubungan Aktivitas Olahraga, Kualitas Tidur, Tingkat Stres Terhadap Kebugaran Jasmani Santri Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes. Program Studi Ilmu Keolahragaan. Pascasarjana. Fakultas Keolahragaan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
     Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kebugaran jasmani Santri PPMI Assalaam Sukoharjo yang terkait dengan variabel diantaranya sebagai berikut: 1) Hubungan aktivitas olahraga terhadap kebugaran jasmani Santriwan, 2) Hubungan aktivitas olahraga terhadap kebugaran jasmani santriwati, 3) Hubungan kualitas tidur terhadap kebugaran jasmani santriwan, 4) Hubungan kualitas tidur terhadap kebugaran jasmani santriwati, 5) Hubungan tingkat stres terhadap kebugaran jasmani santriwan, 6) Hubungan tingkat stres terhadap kebugaran jasmani santriwati, 7) Hubungan secara simultan aktivitas olahraga, kualitas tidur dan tingkat stres terhadap kebugaran jasmani santriwan, 8) Hubungan secara simultan aktivitas olahraga, kualitas tidur dan tingkat stres terhadap kebugaran jasmani santriwati.
     Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari santriwan dan santriwati kelas X dan XI Madrasah Aliyah PPMI Assalaam Sukoharjo yang dipilih menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner dan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN). Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi linier.
     Hasil analisis data yang diperoleh yaitu: 1) Aktivitas olahraga memiliki hubungan yang signifikan dengan kebugaran jasmani santriwan dan nilai koefisien korelasi 0,661. 2) Aktivitas olahraga memiliki hubungan yang signifikan dengan kebugaran jasmani santriwati dan nilai koefisien korelasi 0,464. 3) Kualitas tidur memiliki hubungan yang signifikan dengan kebugaran jasmani santriwan dan nilai koefisien korelasi -0,856. 4) Kualitas tidur memiliki hubungan yang signifikan dengan kebugaran jasmani santriwati dan nilai koefisien korelasi -0,745. 5) Tingkat stres memiliki hubungan yang signifikan dengan kebugaran jasmani santriwan dan nilai koefisien korelasi -0,860. 6) Tingkat stres memiliki hubungan yang signifikan dengan kebugaran jasmani santriwati dan nilai koefisien korelasi -0,502. 7) Aktivitas olahraga, kualitas tidur dan tingkat stres memiliki hubungan yang signifikan secara simultan dengan kebugaran jasmani santriwan serta memiliki hubungan sebesar 81.7%. 8) Aktivitas olahraga, kualitas tidur dan tingkat stres memiliki hubungan yang signifikan secara simultan dengan kebugaran jasmani santriwati serta memiliki hubungan sebesar 68.7%. 
     Berdasarkan hasil analisis data pada santri PPMI Assalaam Sukoharjo dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang kuat dan positif antara aktivitas olahraga dengan kebugaran jasmani pada santriwan (2) Terdapat hubungan yang sedang dan positif antara aktivitas olahraga dengan kebugaran jasmani pada santriwati (3) Terdapat hubungan yang sangat kuat dan negatif antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani pada santriwan (4) Terdapat hubungan yang kuat dan negatif antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani pada santriwati (5) Terdapat hubungan yang sangat kuat dan negatif antara tingkat stres dengan kebugaran jasmani pada santriwan (6) Terdapat hubungan yang sedang dan negatif antara tingkat stres dengan kebugaran jasmani pada santriwati (7) Terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara aktivitas olahraga, kualitas tidur dan tingkat stres terhadap kebugaran jasmani pada santriwan (8) Terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara aktivitas olahraga, kualitas tidur dan tingkat stres terhadap kebugaran jasmani pada santriwati.

 

 

×
Penulis Utama : Austin Cindy Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A122108009
Tahun : 2024
Judul : Hubungan Aktivitas Olahraga, Kualitas Tidur dan Tingkat Stres terhadap Kebugaran Jasmani Santri Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Aktivitas Olahraga, Kualitas Tidur, Tingkat Stres, Kebugaran Jasmani
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd
2. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes
Penguji : 1. Dr. Slamet Riyadi, M.Or
2. Dr. dr. Intan Suraya Ellyas, M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.