Penulis Utama : Isnaini Nurhidayah
NIM / NIP : K4418036
×

ABSTRAK


Isnaini Nurhidayah. K4418036. MATERI GENESIS PENDUDUK KEPULAUAN NUSANTARA BERDASARKAN TEORI EVOLUSI DAN OUT OF AFRICA SEBAGAI PENGAYAAN BUKU TEKS SEJARAH SMA KELAS X. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis teori evolusi dan teori Out of Africa dalam buku teks Sejarah Indonesia kelas X, (2) menganalisis teori evolusi dan teori Out of Africa menurut para ahli, (3) memperkaya materi teori evolusi dan teori Out of Africa untuk pembelajaran sejarah kelas X. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku ilmiah dan jurnal ilmiah yang berhubungan dengan teori evolusi dan teori Out of Africa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dokumen (content analysis). Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi metode. Analisis data dengan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, buku teks sejarah menjelaskan bahwa sulit untuk memberikan jawaban kapan manusia pertama kali muncul di bumi. Buku teks mengatakan bahwa manusia muncul karena adanya peralihan dari kera ke manusia. Pernyataan tersebut didasarkan pada temuan Dubois (Pithecanthropus erectus). Pithecanthropus erectus merupakan missing link atau fosil perantara yang selama ini dicari. Ilustrasi evolusi yang disajikan buku teks sejarah memberikan informasi seolah-olah evolusi bentuknya terlihat. Kedua, berdasarkan hasil pengakajian yang dilakukan oleh para ahli terdapat penjelasan yang panjang mengenai genesis manusia. Berdasarkan ilmu pengetahuan ilmiah tidak ada manusia pertama karena evolusi bukanlah proses yang terjadi dalam sehari semalam. Missing link memiliki makna mata rantai yang berhasil ditemukan. Tidak ada fosil perantara antara kera dan manusia. Pithecanthropus erectus memang salah satu dari missing link namun bukan berarti merupakan peralihan dari kera ke manusia. Pithecanthropus erectus (kini diidentifikasi sebagai Homo erectus) menunjukkan bahwa Homo sapiens dan Homo erectus memiliki moyang yang sama. Manusia bukanlah hasil evolusi dari kera ataupun monyet hanya saja munculnya manusia dalam sejarah kehidupan pelan-pelan dan perubahan wujudnya tidak terlihat. Tempat evolusi manusia sekitar 5 juta tahun yang lalu adalah di Afrika, selanjutnya dalam perjalanan evolusinya melakukan migrasi menyebar ke seluruh dunia keluar dari Afrika. Ketiga, pemberian materi pengayaan memberikan informasi kepada siswa mengenai cara kerja alam berdasarkan ilmu pengetahuan ilmiah. Evolusi merupakan proses yang terjadi dalam kurun waktu milyaran tahun, sehingga perbahan wujudnya tidak terlihat. Evolusi awalnya terjadi di Afrika, kemudian manusia melakukan migrasi keluar dari Afrika. 

Kata kunci: Buku teks sejarah, Evolusi, Out of Africa, Pengayaan

×
Penulis Utama : Isnaini Nurhidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4418036
Tahun : 2024
Judul : MATERI GENESIS PENDUDUK KEPULAUAN NUSANTARA BERDASARKAN TEORI EVOLUSI DAN OUT OF AFRICA SEBAGAI PENGAYAAN BUKU TEKS SEJARAH SMA KELAS X
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Buku Teks Sejarah, Teori Evolusi, Charles Darwin, Teori Out of Africa, Pengayaan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Leo Agung S., M.Pd
2. Nur Fatah Abidin S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Prof. Dr. Akhmad Arif M, M.Pd
2. Drs. Herimanto, M.Pd, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.