Penulis Utama : Nastiti Raditya Cahya Putri
NIM / NIP : K4417052
×

Nastiti Raditya Cahya Putri. K4417052. ANALISIS SUBSTANSI DAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU TEKS PELAJARAN SEJARAH INDONESIA SMA KELAS X IPS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Januari 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis substansi sejarah dalam buku teks mata pelajaran Sejarah Indonesia SMA kelas X IPS; (2) menganalisis nilai-nilai karakter dalam buku teks pelajaran Sejarah Indonesia SMA kelas X IPS, serta (3) menganalisis pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter dalam buku teks pelajaran Sejarah Indonesia SMA kelas X IPS.

Penelitian ini merupakan studi kualitatif melalui pendekatan analisis isi (content analysis). Fokus penelitian pada substansi dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter pada materi Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Surakarta, SMA Batik 1 Surakarta, dan MAN 1 Surakarta. Sumber data terdiri atas informan (guru sejarah dan siswa) dan dokumen (buku teks Sejarah Indonesia Kelas X terbitan Kemendikbud 2017 (edisi revisi). Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahapan analisis, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan: (1) Substansi pada materi Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara dalam buku teks mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017 (edisi revisi) belum memenuhi delapan kriteria buku teks yang baik, maka dibutuhkan materi pendukung serta tambahan dari luar buku yang harus disiapkan oleh guru agar tercapainya kegiatan belajar mengajar (KBM); (2) Pada materi Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara yang terdapat dalam buku teks mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017 (edisi revisi) tercantum nilai-nilai karakter. Pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter dalam materi Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara pada buku teks tersebut antara lain nilai religius, nilai toleransi, dan nilai kerja keras; (3) Pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter pada materi Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara dalam buku teks mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2017 (edisi revisi) sejalan dengan teori Piaget. Menurut Piaget adanya proses asimilasi dan akomodasi. Asimilasi merupakan proses seseorang dalam beradaptasi melalui lingkungan baru sehingga pengertian orang tersebut menjadi berkembang. Akomodasi merupakan proses pembentukan skema baru atau mengubah skema lama. Oleh karena itu, teori Piaget masih bisa digunakan pada proses pendidikan masa kini.

×
Penulis Utama : Nastiti Raditya Cahya Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4417052
Tahun : 2022
Judul : Analisis Substansi dan Pemahaman Siswa terhadap Nilai-nilai Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah Indonesia SMA Kelas X IPS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : substansi, pemahaman, buku teks, pelajaran sejarah, nilai karakter
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd
2. Nur Fatah Abidin, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Dr. Sutiyah, M.Pd., M.Hum
2. Isawati, S.Pd., M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.