Penulis Utama : Burhan Hendrawan
NIM / NIP : O0120040
×

Burhan Hendrawan. O0120040. HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN KUALITAS TIDUR DENGAN KEBUGARAN JASMANI PADA ANAK USIA 13-15 TAHUN SMP NEGERI 1 KARANGANYAR. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2024.

                Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan gadget dan kebugaran jasmani, keduauntuk mengetahui hubungan kualitas tidur dan kebugaran jasmani, serta yang ketiga bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat penggunaan gadget dan kualitas tidur secara bersama-sama terhadap kebugaran jasmani anak usia 13–15 tahun di SMP Negeri 1 Karanganyar.

            Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang berarti mengambil sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel dipilih berdasarkan fakta bahwa anak berusia antara 13-15 tahun yang telah menggunakan gadget minimal 6 bulan dan tidak menggunakan gadget orang lain/orang tua. Terdapat 31 anak yang terdiri dari 13 putra dan 18 putri untuk menjadi sampel penelitian. Dalam penelitian ini, alat Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) digunakan untuk mengumpulkan data tingkat kebugaran jasmani dan intensitas penggunaan gadget menggunakan studi dokumentasi serta kualitas tidur menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI).

            Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut, hasil pertama terdapat hubungan antara intensitas penggunaan gadget dan kebugaran jasmani pada anak usia 13-15 tahun SMP Negeri 1 Karanganyar setelah diketahui menggunakan korelasi pearson product moment dengan nilai signifikansi 0,560 yang bersifat sedang. Kedua, terdapat hubungan antara kualitas tidur dan kebugaran jasmani pada anak usia 13-15 tahun SMP Negeri 1 Karanganyar setelah diketahui menggunakan korelasi pearson product moment dengan nilai signifikansi 0,466 yang bersifat cukup kuat. Ketiga, terdapat hubungan antara tingkat penggunaan gadget dan kualitas tidur secara bersama-sama terhadap kebugaran jasmani anak usia 13–15 tahun di SMP Negeri 1 Karanganyar setelah diketahui menggunakan korelasi pearson product moment dengan nilai signifikansi 0,560 dan 0,466 yang bersifat cukup kuat.

            Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat korelasi positif yang artinya terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan gadget dan kualitas tidur terhadap kebugaran jasmani siswa secara simultan (bersama-sama).

×
Penulis Utama : Burhan Hendrawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0120040
Tahun : 2024
Judul : Hubungan antara Intensitas Penggunaan Gadget dan Kualitas Tidur dengan Kebugaran Jasmani pada anak usia 13-15 Tahun SMP Negeri 1 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Kebugaran Jasmani, Kualitas Tidur
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Singgih Hendarto, S.Pd., M.Pd.
2. Ahmad Septiandika Adirahma, S.Pd., M.Or.
Penguji : 1. Dr. Slamet Riyadi, S.Pd., M.Or.
2. Dr. Agus Mukholid, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.