Penulis Utama : Anugrah Dinar Jati
NIM / NIP : O0120026
×

Anugrah Dinar Jati, O0120026. PENGARUH METODE LATIHAN BOTELI DAN METODE LATIHAN FEEDING TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND TENIS LAPANGAN PADA MAHASISWA FKOR UNS TAHUN 2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2024

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh metode latihan Boteli terhadap kemampuan pukulan Forehand tenis lapangan pada mahasiswa FKOR UNS tahun 2023; 2) pengaruh metode latihan Feeding terhadap kemampuan pukulan Forehand tenis lapangan pada mahasiswa PJKR FKOR UNS tahun 2023; 3) manakah yang lebih baik antara metode latihan Boteli dan metode latihan Feeding terhadap peningkatan pukulan Forehand tenis lapangan.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test post-test group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 30 mahasiswa PJKR FKOR UNS tahun 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pukulan Forehand dari Hewitt Tennis Test Accuracy. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji perbedaan (t-test)

Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan latihan menggunakan metode Boteli terhadap kemampuan pukulan Forehand yang memperoleh peningkatan rata-rata sebesar 2,287 (26,54%). (2) terdapat pengaruh yang signifikan dengan latihan menggunakan metode Feeding terhadap kemampuan pukulan Forehand yang memperoleh peningkatan rata-rata sebesar 4,766 (46,51%). (3) metode latihan Feeding lebih baik dari pada metode latihan Boteli, peningkatan lebih besar yaitu 46,51%, sedangkan metode latihan Boteli mempunyai peningkatan 26,54% pada mahasiswa FKOR UNS Tahun 2023.

Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Metode latihan Feeding lebih baik dari metode latihan Boteli terhadap kemampuan pukulan groundstroke Forehand tenis lapangan pada mahasiswa FKOR UNS tahun 2023. Saran dalam penelitian ini yaitu : (1) Pada pemilihan metode latihan kemampuan pukulan Forehand tenis, sebaiknya memakai metode latihan yang lebih baik. (2) Pengampu mata kuliah dapat menggunakan metode latihan Feeding. (3) Metode latihan Feeding terbukti lebih baik pengaruhnya terhadap kemampuan pukulan Forehand tenis lapangan pada mahasiswa FKOR UNS Tahun 2023.

×
Penulis Utama : Anugrah Dinar Jati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0120026
Tahun : 2024
Judul : Pengaruh Metode Latihan Boteli Dan Metode Latihan Feeding Terhadap Kemampuan Pukulan Forehand Tenis Lapangan Pada Mahasiswa FKOR UNS Tahun 2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Tenis Lapangan, Metode Boteli, Metode Feeding
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes.
2. Dr. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or.
Penguji : 1. Dr. Satria Yudi Gontara, S.Pd., M.Or.
2. Ahmad Septiandika Adirama, S.Pd., M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.