Penulis Utama : Shiva Ayusa Kusumaning Rahayu
NIM / NIP : K7120247
×

Shiva Ayusa Kusumaning Rahayu. K7120247. Pembimbing I: Drs. Ngatman, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si. PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ASPEK SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS MELALUI MODEL GUIDED INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CHROMEBOOK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 TAMANWINANGUN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Mei, 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model guided inquiry based learning berbantuan media chromebook untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila aspek sikap kemandirian belajar dalam pembelajaran IPAS, 2) meningkatkan Profil Pelajar Pancasila aspek sikap kemandirian belajar melalui model guided inquiry based learning berbantuan media chromebook dalam pembelajaran IPAS, 3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model guided inquiry based learning berbantuan media chromebook untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila aspek sikap kemandirian belajar dalam pembelajaran IPAS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 4 Tamanwinangun yang berjumlah 18 siswa, dengan rincian siswa laki-laki sejumlah 6 siswa dan siswa perempuan sejumlah 12 siswa. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Untuk memvalidasi data yang diperoleh digunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) penerapan guided inquiry based learning berbantuan media chromebook sudah dilaksanakan dengan baik yaitu: (a) orientasi masalah, (b) merumuskan masalah, (c) membuat hipotesis, (d) mengumpulkan data disertai penjelasan penggunaan media chromebook, (e) menguji hipotesis, dan (f) membuat kesimpulan. (2) Penerapan model guided inquiry based learning berbantuan media chromebook dapat meningkatkan profil pelajar Pancasila aspek sikap kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran IPAS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan setiap siklus yaitu siklus I=74,47%, II=82,76%, dan III=88,52%. (3) Respon siswa dalam penerapan model guided inquiry based learning berbantuan media chromebook menunjukkan respon positif dalam pembelajaran IPAS.

Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model guided inquiry based learning berbantuan media chromebook dapat meningkatkan profil pelajar Pancasila aspek sikap kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas V SD Negeri 4 Tamanwinangun.

×
Penulis Utama : Shiva Ayusa Kusumaning Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120247
Tahun : 2024
Judul : Peningkatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Sikap Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran IPAS Melalui Model Guided Inquiry Based Learning Berbantuan Media Chromebook pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Tamanwinangun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: profil pelajar Pancasila, kemandirian, guided inquiry based learning, chromebook, pembelajaran IPAS.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M. Pd.
2. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Rokhmaniyah, M. Pd.
2. Dr. Murwani Dewi Wijayanti, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.