Penulis Utama : Chintya Anggraeni
NIM / NIP : E3120047
×

Chintya Anggraeni. 2024. E3120047. OPTIMALISASI INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DALAM PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) DI KECAMATAN SELOGIRI KABUPATEN WONOGIRI. Tugas Akhir. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

Inovasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kantor Kecamatan Selogiri berperan penting dalam mencapai target kepemilikan KTP-el di Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri, terutama dengan adanya pemusatan perekaman dan pencetakan KTP-el di kecamatan. Namun hingga tahun 2024, Kecamatan Selogiri belum mencapai target kepemilikan KTP-el yang ditetapkan Kemendagri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pelaksanaan serta upaya optimalisasi dalam penerbitan KTP-el melalui inovasi PATEN di Kecamatan Selogiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerbitan KTP-el melalui inovasi PATEN di Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri menurut teori kualitas pelayanan dari Parasuraman dapat dinilai belum berkualitas, karena pada dimensi bukti langsung (tangible) dan jaminan (assurance) ada indikator yang perlu dioptimalkan antara lain sarana prasarana, kompetensi pegawai dan keamanan data. Faktor penghambat pelaksanaan penerbitan KTP-el melalui inovasi PATEN di Kecamatan Selogiri yaitu jaringan, keterbatasan sarana prasarana, keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya koordinasi antar pegawai, banyaknya data ganda, serta kurangnya kesadaran masyarakat. Upaya optimalisasi yakni penggunaan VPN, penambahan dan pemeliharaan sarana prasarana, peningkatan kompetensi petugas, meminimalkan data ganda melalui verifikasi dan validasi, jemput bola perekaman KTP-el, serta memaksimalkan sosialisasi KTP-el pemula.

Kata Kunci : Inovasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Optimalisasi.


×
Penulis Utama : Chintya Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E3120047
Tahun : 2024
Judul : OPTIMALISASI INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DALAM PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) DI KECAMATAN SELOGIRI KABUPATEN WONOGIRI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Inovasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Optimalisasi
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Bagus Adi Wicaksono, S.H., M.H.
Penguji : 1. 1. Ulfah Sulistyowati, S.Si., M.Si.
2. 2. Resti Dian Luthviati, S.H., M.H.
3. 3. Dr. Muhammad Bagus Adi Wicaksono, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.