Penulis Utama : Alfandi Yoga Prihadiyanto
NIM / NIP : E3118009
×

ABSTRAK

Alfandi Yoga Prihadiyanto. 2022. E3118009. PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS DALAM MEMPEROLEH KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) GUNA MEWUJUDKAN DESA TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN WONOGIRI.
Tugas Akhir. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini mendeskripsikan mengenai pelayanan administrasi kependudukan bidang pendaftaran penduduk, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam memperoleh Kartu Tanda Penduduk (KTP-EL). Tujuan kedua adalah untuk mengetahui permasalahan dan solusi pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) bagi penyandang disabilitas.Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian menggunakan empiris dan sumber data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Penyandang disabilitas merupakan setiap orang yang memiliki keterbatasan dalam hal fisik, intelektual, mental, atau sensorik cukup lama dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar berdasarkan kesamaan hak dan berkaitan dengan sistem pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai instansi pelaksana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri telah melakukan pemenuhan hak dalam pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) bagi penyandang disabilitas, namun belum berjalan secara maksimal dalam hal pelaksanaannya di lapangan sesuai yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Belum maksimalnya sistem pelayanan jemput bola pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Wonogiri, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kabupaten Wonogiri sudah berupaya maksimal dalam mewujudkan pelayanan prima yang membahagiakan masyarakat.


Kata Kunci: Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Penyandang Disabilitas, Pelayanan Publik, Pemenuhan Hak.

×
Penulis Utama : Alfandi Yoga Prihadiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E3118009
Tahun : 2022
Judul : Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas dalam Memperoleh Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) Guna Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan di Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kata Kunci: Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Penyandang Disabilitas, Pelayanan Publik, Pemenuhan Hak.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Merlin Swantamalo Magna, S.H., M.H.
Penguji : 1. Sri Wahyuningsih Yulianti, S.H., M.H.
2. Resti Dian Luthviati, S.H., M.H.
3. Merlin Swantamalo Magna, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.