Penulis Utama : Siti Nuraisyah
NIM / NIP : V0721081
×

Siti Nuraisyah, V0721081, Sistem Informasi Laporan Kegiatan Modal (LKPM) Untuk Skala Usaha Menengah dan Besar Melalui OSS-RBA di DPMPTSP Kota Surakarta. Program Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2024.

Peningkatan jumlah pelaku usaha di Kota Surakarta salah satunya disebabkan adanya dukungan dari pemerintah melalui DPMPTSP Kota Surakarta untuk perkembangan pelaku usaha. Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) merupakan upaya pemerintah untuk menyederhanakan dan menciptakan bentuk pelayanan yang prima kepada publik. Pelaku usaha yang sudah memiliki usaha wajib melaporkan kegiatan usahanya melalui OSS-RBA. Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) merupakan laporan mengenai perkembangan realisasi penanaman modal dan permasalahan yang dihadapi pelaku usaha yang kemudian wajib disampaikan secara berkala. Penyampaian LKPM bermanfaat sebagai informasi tentang realisasi investasi secara berkala untuk pelaku usaha. Penyampaian LKPM dibagi menjadi 2 periode yaitu periode semester dan periode triwulan. Periode ini ditentukan berdasarkan besaran pada modal usaha.

Jenis pengamatan yang digunakan dalam pengamatan ini adalah observasi partisipatif, yaitu pengamat terlibat dalam kegiatan pelaku usaha menyampaikan LKPM melalui OSS-RBA. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen. Hasil yang diperoleh dari pengamatan ini adalah sistem yang digunakan untuk menyampaikan LKPM bagi pelaku usaha skala menengah dan besar yang terdapat 2 (dua) tahapan, yaitu Tahap Konstruksi/Persiapan dan Tahap Operasional/Komersial. Penyampaian LKPM Tahap Konstruksi/Persiapan dan Tahap Operasional/Komersial memiliki prosedur yang hampir sama, yang membedakan adalah pada Tahap Operasional/Komersial melaporkan kewajiban-kewajiban yang dilaksanakan. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, penulis menemukan beberapa kendala yang dihadapi yaitu pelaku usaha antara lain: pelaku usaha tidak memahami periode dan tahapan dalam proses penyampaian LKPM, seluruh hak akses berpusat pada kantor pusat sehingga kantor cabang mengalami kebingungan pada periode pelaporan tiba, sering terjadi server down pada OSS-RBA, dan sarana dan prasarana untuk menyampaikan LKPM yang tidak cukup memadai. Penulis dapat mengatasi kendala tersebut dengan cara Memberikan informasi lisan atau tertulis mengenai prosedur penyampaian dan periode penyampaian LPKM, pemberian hak akses kepada kantor cabang, membuat plotting penyampaian LKPM berdasarkan skala usahanya, menambah fasilitas komputer lengkap sebagai media konsultasi kepada pengunjung dan pelaku usaha.

Kata kunci: Laporan Kegiatan Penanaman Modal, Online Single Submission Risk Based Approach, Pelaku Usaha, Sistem Informasi.

×
Penulis Utama : Siti Nuraisyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0721081
Tahun : 2024
Judul : Sistem Informasi Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Untuk Skala Usaha Menengah dan Besar Melalui OSS-RBA di DPMPTSP Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Laporan Kegiatan Penanaman Modal, Online Single Submission Risk Based Approach, Pelaku Usaha, Sistem Informasi
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fahmi Ulin Ni'Mah, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Ida Setya Dwi Jayanti, S.E., M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.