Penulis Utama : Elais Nur Fauzia Qodim
NIM / NIP : K7120088
×

Elais Nur Fauzia Qodim. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS IVB SDN 5 PANJER. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model CIRC berbantuan media Quizizz Paper Mode; (2) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan model CIRC berbantuan media Quizizz Paper Mode; serta (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model CIRC berbantuan media Quizizz Paper Mode.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IVB SD Negeri 5 Panjer. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan model CIRC berbantuan media Quizizz Paper Mode untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman yaitu: (a) orientasi, (b) pembentukan kelompok, (c) pembagian bahan bacaan, (d) diskusi kelompok, (e) presentasi hasil diskusi dan kuis dengan media Quizizz Paper Mode, (f) kesimpulan dengan media Quizizz Paper Mode, (g) pemberian reward/apresiasi, dan (h) penguatan dan refleksi. (2) Penerapan model CIRC berbantuan media Quizizz Paper Mode dapat meningkatkan keterampilan  membaca pemahaman pada siswa kelas IVB SD Negeri 5 Panjer tahun ajaran 2023/2024. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 63,33%, siklus II sebesar 83,33%, dan siklus III sebesar 93,33%. (3) Kendala yang ditemukan yaitu: (a) siswa tidak tertib dan sulit untuk dikondisikan; (b) siswa malu bertanya dan menyampaikan pendapat; (c) koneksi internet yang kurang stabil saat menggunakan media Quizizz Paper Mode; (d) guru kekurangan waktu saat melaksanakan evaluasi; (e) beberapa siswa belum aktif dalam diskusi kelompok; dan (f) terdapat siswa tidak mau bergabung dengan kelompok. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: (a) guru lebih tegas memperingatkan siswa agar tertib dan tidak gaduh; (b) guru memotivasi siswa agar percaya diri saat bertanya dan menyampaikan pendapat; (c) menggunakan kelas dengan jaringan wifi kuat; (d) guru dapat menggunakan waktu lebih efektif saat presentasi hasil diskusi; (e) guru menegur dan memotivasi siswa agar aktif dalam diskusi; dan (f) guru harus menasihati siswa agar mau bergabung dan berdiskusi dengan kelompoknya.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model CIRC berbantuan media Quizizz Paper Mode dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVB SD Negeri 5 Panjer tahun ajaran 2023/2024.

×
Penulis Utama : Elais Nur Fauzia Qodim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120088
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Quizizz Paper Mode untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas IVB SDN 5 Panjer Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : CIRC, Quizizz Paper Mode, Keterampilan Membaca Pemahaman
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd.
2. Dr. Suhartono, M.Pd.
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Dr. Achmad Basari Eko Wahyudi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.