Penulis Utama : Dinda Salma Fathurrizqi
NIM / NIP : K4320022
×

Dinda Salma Fathurrizqi. K4320022. Pembimbing I: Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D. Pembimbing II: Dr. Meti Indrowati, S.Si., M.Si. Pengaruh Model Problem Based Learning Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Keterampilan Argumentasi Tertulis Peserta didik Materi Penanganan Limbah. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2024.


Model Problem Based Learning Metode Eksperimen sebagai pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan keterampilan argumentasi tertulis peserta didik, karena mendorong mereka untuk aktif dalam proses pembelajaran, berpikir kritis, dan mengembangkan kemampuan berpikir logis serta kemampuan berargumentasi secara tertulis. Pendekatan kombinasi dari model PBL yang fokus pada penerapan pemecahan masalah di dalam konteks nyata dan metode eksperimen yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam melakukan eksperimen dan mengumpulkan data. Penelitian ini bertujuan unuk (1) Mengetahui pengaruh model PBL metode eksperimen terhadap kemampuan literasi sains peserta didik; (2) Mengetahui pengaruh model PBL metode eksperimen terhadap keterampilan argumentasi tertulis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasy eksperiment dengan desain penelitan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik SMA Kelas X SMAN 1 Surakarta tahun Pelajaran 2023/2024 dengan sampel penelitian dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis berupa uji T-test menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL metode eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan keterampilan argumentasi tertulis. Hasil uji hipotesis pertama menghasilkan nilai signifikansi 0,002, sehingga dapat dikatakan kelas kontrol dan kelas eksperimen memperolah rata-rata kemampuan literasi sains yang berbeda nyata.  Uji hipotesis kedua menghasilkan nilai signifikansi 0,042, sehingga dapat dikatakan kelas kontrol dan kelas eksperimen memperolah rata-rata keterampilan argumentasi tertulis yang berbeda nyata. Berdasarkan penelitian ini dapat dinyatakan bahwa model problem based learning metode eksperimen dapat dijadikan referensi dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan keterampilan argumentasi tertulis peserta didik.

×
Penulis Utama : Dinda Salma Fathurrizqi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4320022
Tahun : 2024
Judul : Pengaruh Model Problem Based Learning Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Argumentasi Tertulis Peserta Didik Materi Penanganan Limbah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Problem Based Learning, Metode Eksperimen, Literasi Sains, Argumentasi Tertulis, Penanganan Limbah
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Meti Indrowati, S.Si., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Muzzazinah, M.Si.
2. Drs. Dwi Oetomo, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.