Penulis Utama : Yuniko Windu Saputra
NIM / NIP : B0120070
×

Yuniko Windu Saputra. B0120070. 2024. Kajian Stilistika Lirik Lagu Pop Jawa Tiga Album Karya Hendra Kumbara di Kanal Youtube Syalala Production. Skripsi: Program Studi Sastra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Alasan dilakukan penelitian dikarenakan dalam lirik-lirik lagu Hendra Kumbara terdapat banyak aspek stilistika seperti persamaan bunyi, diksi, majas, dan citraan sehingga menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan aspek stilistika (persamaan bunyi, diksi, majas, dan citraan) dalam lirik lagu pop Jawa karya Hendra Kumbara pada Album Wayahe, (2) mendeskripsikan penggunaan aspek stilistika (persamaan bunyi, diksi, majas, dan citraan) dalam lirik lagu pop Jawa karya Hendra Kumbara pada Album Sumringah, (3) mendeskripsikan penggunaan aspek stilistika (persamaan bunyi, diksi, majas, dan citraan) dalam lirik lagu pop Jawa karya Hendra Kumbara pada Album Nostalgia, dan (4) mendeskripsikan hubungan aspek stilistika yang terdapat dalam ketiga album lagu pop Jawa karya Hendra Kumbara.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa transkrip lirik lagu pop Jawa Karya Hendra Kumbara yang terdapat aspek stilistika beserta konteksnya. Sumber data penelitian ini adalah video lagu Hendra Kumbara yang diunggah oleh kanal YouTube Syalala Production mulai 1 September 2020 sampai dengan 16 Juli 2023 dengan total sebanyak 23 lagu yang terdiri dari 3 album, yaitu Sumringah (2020), Wayahe (2021), dan Nostalgia (2022). Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan catat. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode padan dan metode agih. Metode padan dengan teknik dasar PUP (Pilah Unsur Penentu) daya pilah ortografis untuk menganalisis unsur gaya bahasa dan citraan. Metode agih dengan teknik dasar BUL (Bagi Unsur Langsung) teknik lanjutan lesap untuk menganalisis unsur diksi dan persamaan bunyi. Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) pada album Wayahe ditemukan persamaan bunyi: asonansi, aliterasi, dan purwakanthi lumaksita; diksi: aspek morfologis (afiksasi dan reduplikasi), sinonim, antonim, kosakata asing, dan abreviasi; majas: personifikasi, metafora, hiperbola, litotes, dan simile; dan citraan: penciuman, penglihatan, perabaan, dan pendengaran, (2) pada album Sumringah ditemukan persamaan bunyi asonansi, aliterasi, dan purwakanthi lumaksita; diksi: aspek morfologis (afiksasi dan reduplikasi), sinonim, antonim, kosakata asing; dan abreviasi; majas: metafora, hiperbola, litotes, asindeton, klimaks dan retoris, dan citraan: penglihatan dan pendengaran, (3) pada album Nostalgia ditemukan persamaan bunyi: asonansi, aliterasi, dan purwakanthi lumaksita; diksi: aspek morfologis (afiksasi dan reduplikasi), antonim, kosakata asing, dan abreviasi; majas: metafora, hiperbola, litotes, asindeton, dan retoris; dan citraan: pendengaran dan perabaan, (4) hubungan aspek stilistika dari ketiga album, yaitu album Sumringah adalah yang paling sering ditemukan aspek stilistika, disusul album Wayahe, dan terakhir album Nostalgia.

×
Penulis Utama : Yuniko Windu Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0120070
Tahun : 2024
Judul : Kajian Stilistika Lirik Lagu Pop Jawa Tiga Album Karya Hendra Kumbara di Kanal Youtube Syalala Production
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: stilistika, lirik lagu pop Jawa, Hendra Kumbara
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Penguji : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.