Penulis Utama : Laksmi Lakshita Labdagaty
NIM / NIP : B0118029
×

Laksmi Lakshita Labdagaty. B0118029. 2022. Kajian Stilistika Lirik Lagu Berbahasa Jawa Dialek Banyumas Karya Grup Sopsan. Skripsi: Program Studi Sastra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aspek bunyi yang terdapat dalam lirik lagu berbahasa Jawa dialek Banyumas karya grup Sopsan, (2) mendeskripsikan diksi yang terdapat dalam lirik lagu berbahasa Jawa dialek Banyumas karya grup Sopsan, (3) mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam lirik lagu berbahasa Jawa dialek Banyumas karya grup Sopsan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari lirik lagu grup Sopsan dalam album Tembang Guyon Banyumas Vol. 2 dengan jumlah keseluruhan 10 lagu yang diakses dari kanal Youtube grup Sopsan dan BMS Record. Jenis data penelitian berupa data tulis, yaitu transkrip lirik lagu yang mengandung aspek-aspek stilistika. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan catat. Metode yang digunakan untuk menganalisis data berupa metode padan dengan teknik PUP (Pilah Unsur Penentu) dan metode agih dengan teknik BUL (Bagi Unsur Langsung). Metode penyajian analisis data menggunakan metode informal.

Hasil kajian stilistika terhadap lirik lagu berbahasa Jawa dialek Banyumas karya grup Sopsan adalah sebagai berikut. (1) Pemanfaatan aspek bunyi dalam lirik lagu berbahasa Jawa dialek Banyumas karya grup Sopsan meliputi asonansi (purwakanthi swara), aliterasi (purwakanthi sastra), dan purwakanthi lumaksita (anafora, mesodiplosis, dan epizeuksis). (2) Pemanfaatan diksi dalam lirik lagu berbahasa Jawa dialek Banyumas karya grup Sopsan meliputi antonimi, sinonimi, tembung plutan (aferesis dan sinkop), tembung saroja, penggunaan bahasa Jawa ragam krama, penggunaan kosakata asing (bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin), afiksasi (prefiks, infiks, sufiks, dan konfiks), dan reduplikasi (dwilingga wutuh, berafiks, dan salin swara). (3) Pemanfaatan gaya bahasa dalam lirik lagu berbahasa Jawa dialek Banyumas karya grup Sopsan yang meliputi gaya bahasa retoris berupa elipsis, prolepsis, dan hiperbol, serta gaya bahasa kiasan berupa metafora, simile, personifikasi, dan inuendo.

×
Penulis Utama : Laksmi Lakshita Labdagaty
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118029
Tahun : 2022
Judul : Kajian Stilistika Lirik Lagu Berbahasa Jawa Dialek Banyumas Karya Grup Sopsan
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : lirik lagu, dialek Banyumas, stilistika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Dyah Padmaningsih, M.Hum.
Penguji : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.