Penulis Utama : Galuh Rahardiana
NIM / NIP : K3310038
×

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) terdapat perbedaan pembelajaran CTL dilengkapi lab riil dan virtual pada materi pokok sistem koloid terhadap aktivitas belajar, (2) terdapat perbedaan pembelajaran CTL dilengkapi lab riil dan virtual pada materi pokok sistem koloid terhadap prestasi belajar kognitif, (3) terdapat perbedaan pembelajaran CTL dilengkapi lab riil dan virtual pada materi pokok sistem koloid terhadap prestasi belajar afektif, (4) terdapat perbedaan pembelajaran CTL dilengkapi lab riil dan virtual pada materi pokok sistem koloid terhadap aktivitas belajar, prestasi belajar kognitif, dan prestasi belajar aspek afektif.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Sampel adalah dua kelas XI IPA dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan tes dan non tes (angket, observasi,  wawancara, dan dokumentasi). Teknik analisis data menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA).
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa (1) Terdapat perbedaan pembelajaran CTL dilengkapi lab riil dan virtual pada materi pokok sistem koloid terhadap aktivitas belajar, ditunjukkan dengan sig.(0,000) < α(0,05). (2) Terdapat perbedaan  pembelajaran CTL dilengkapi lab riil dan virtual pada materi pokok sistem koloid terhadap prestasi belajar aspek kognitif, ditunjukkan dengan sig.(0,033) < α(0,05). (3) Terdapat  perbedaan pembelajaran CTL dilengkapi lab riil dan virtual pada materi pokok sistem koloid terhadap prestasi belajar aspek afektif, ditunjukkan dengan sig.(0,018) < α(0,05). (4) Terdapat perbedaan pembelajaran CTL dilengkapi lab riil dan lab virtuil pada materi pokok
sistem koloid terhadap aktivitas belajar, prestasi belajar kognitif, dan prestasi belajar afektif, ditunjukkan dengan nilai sig.(0,000) <  α(0,05).


Kata kunci : CTL, koloid, lab riil, lab virtual, kuasi eksperimen

×
Penulis Utama : Galuh Rahardiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3310038
Tahun : 2014
Judul : Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dilengkapi Lab Riil Dan Virtuil Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Pulokulon Tahun Pelajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jurusan PMIPA Pendidikan Kimia-K3310038-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tri Redjeki, M. S.
2. Dr. rer. nat. Sri Mulyani, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.