Penulis Utama : Wulan Nur Hikmah
NIM / NIP : D1512091
×

ABSTRAK
Administrasi Pengadaan Barang adalah rangkaian kegiatan dalam proses pengadaan barang yang berperan penting dalam keberlangsungan suatu kegiatan yang  berada di instansi pemerintah ataupu instansi swasta. Akan tetapi dalam administrasi pengadaan barang setiap instansi mempunyai  standarisasi yang berbeda. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui Administrasi Pengadaan Barang di Bagian Perlengkapan dan Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar.
Pelaksanaan pengamatan ini menggunakan jenis pengamatan deskriptif kualitatif dengan pengamatan observasi berperan aktif, dimana penulis mengadakan pengamatan langsung berbagai kegiatan dan aktifitas yang dilakukan pegawai terutama pada sub bagian Perlengkapan dan Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Sumber data yang diperoleh dari pengamatan ini berdasarkan narasumber dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dari pengamatan ini adalah observasi berperan aktif, wawancara, dan mengkaji dokumen.
Berdasarkan hasil pengamatan di Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar dilakukan dengan pengadaan langsung yang berdasarkan Peraturan Presiden No. 4 Tahun 2015. Tahap-tahap pengadaan barang dilakukan dengan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, pemilihan penyedia, proses pelaksanaan, dan pengawasan. Tetapi dalam proses pemilihan penyedia masih manual, yaitu penyedia barang/jasa yang mengikuti pengadaan harus datang langsung ke Sekretarat Daerah Kabupaten Karanganyar.
ABSTRACT
Good Procurement Administration is a series of activities in the process of procuring goods playing an important role in an activity proceeding in either public or private institution. However, in good procurement administration, every institution has different standardization. The objective of research was to find out the Good Procurement Administration in Equipment and Financial Division of Karanganyar Regency’s Local Secretariat.
The implementation of observation employed a descriptive qualitative type with participatory observation, in which the writer conducted a direct observation on various activities the officers carried out in Equipment and Financial Division of Karanganyar Regency’s Local Secretariat. The data source was obtained from this observation based on informant and document. Techniques of collecting data used in this research were participatory observation, interview, and document study.
Considering the result of observation in Karanganyar Regency’s Local Secretariat with direct procurement based on Presidential Regulation No.4 of 2015. The procedure of good procurement was conducted in the following stags: planning, organizing, budgeting, provider selection, implementation process, and supervision. However, the process of selecting provider was still carried out manually, in which the good/service providers should come directly to the Karanganyar Regency’s Local Secretariat.

×
Penulis Utama : Wulan Nur Hikmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1512091
Tahun : 2015
Judul : Administrasi Pengadaan Barang di Bagian Perlengkapan dan Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1512091-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sudarto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.