Penulis Utama : Bagus Wicaksono
NIM / NIP : K5610017
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara power otot tungkai, power otot lengan dan panjang lengan baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan prestasi lempar lembing gaya jingkat pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganom kabupaten Klaten tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis diskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel atau sampling menggunakan teknik proporsional sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengukuran. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi ganda untuk mengetahui besarnya hubungan dan sumbangan (menggunakan koefisien determinasi) power otot tungkai, power otot lengan dan panjang lengan terhadap prestasi lempar lembing gaya jingkat yang dinyatakan dalam satuan ukuran proporsi atau persentase.
Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut, koefisien korelasi antara power otot tungkai dengan prestasi lempar lembing gaya jingkat sebesar 0,833. Ini berarti korelasi antara power otot tungkai dengan prestasi lempar lembing gaya jingkat signifikan atau benar-benar nyata. Koefisien korelasi antara power otot lengan dengan prestasi lempar lembing gaya jingkat sebesar 0,813. Ini berarti korelasi antara power otot lengan dengan prestasi lempar lembing gaya jingkat adalah signifikan atau benar-benar nyata. Koefisien korelasi antara panjang lengan dengan prestasi lempar lembing gaya jingkat sebesar 0,751. Ini berarti korelasi antara panjang lengan dengan prestasi lempar lembing gaya jingkat adalah signifikan atau benar-benar nyata.
Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah pertama, ada hubungan yang signifikan antara power otot tungkai terhadap prestasi lempar lembing gaya jingkat siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Kedua, ada hubungan yang signifikan antara power otot lengan terhadap prestasi lempar lembing gaya jingkat siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan terhadap prestasi lempar lembing gaya jingkat siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Keempat, ada hubungan yang signifikan antara power otot tungkai, power otot lengan dan panjang lengan secara bersama-sama terhadap prestasi lempar lembing gaya jingkat siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015.

 

×
Penulis Utama : Bagus Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5610017
Tahun : 2015
Judul : Hubungan antara power otot tungkai, power otot lengan, panjang lengan terhadap prestasi lempar lembing gaya jingkat siswa putra kelas viii smp negeri 2 Karanganom Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K.5610017-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Wijanarko, M.Kes
2. Drs. H. Mulyono, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.