Penulis Utama : Dino Nur Hidayat
NIM / NIP : F3312045
×

ABSTRAK
Sistem pengendalian internl meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen. Objek peneliti ini adalah PT Asuransi Jiwasraya cabang Surakarta, perusahaan asuransi milik pemerintah yang berjalan di bidang asuransi jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan sistem pengendalian internal beserta kelebihan dan kelemahannya terhadap Pengeluaran kas pengadaan barang habis pakai yang ada di perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, dan observasi langsung ke pihak-pihak yang terkait. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis data primer dan sekunder, dimana dari data yang dikumpulkan akan disusun dan dianalisis yang kemudian akan dibandingkan dengan teori dari konsep-konsep pada tinjuan pustaka. Hasil pengamatan yang dapat disimpulkan dari evaluasi ini secara keseluruhan sudah memadai, berdasarkan pada teori komponen pengendalian internal menurut Mulyadi yang terdiri dari struktur organisasi, sistem wewenang dan  prosedur, praktik yang sehat dan karyawan yang bermutu. Namun, masih terdapat kelemahan diantaranya sering terjadi keterlambatan penyetora data, karyawan yang kurang teliti terhadap tugasnya. Penulis telah memberikan rekomendasi yag dapat digunakan untuk menangani pengendalian internal atas kelemahan-kelemahan tersebut.
Kata kunci : Sistem, pengendalian internal, pengeluaran kas
ABSTRACT
Internal control system includes organizational structure, methods and measures are coordinated to maintain the wealth of the organization, check the accuracy and reliability af accounting data, promote efficiency and encourage compliance with management policies. the object of this research is PT  Jiwasraya Life Insurance Branch of Surakarta, an insurance company owned by the government that runs in the field of insurance. this study aimed to evaluate the implementation of the internal control system along with the advantages and disadvantages of the cash expenditures procurement of consumables in the company. Data collection techniques used is to conduct interviews, and direct observation to the parties concerned. The method used is descriptive method with the type of primary and secondary data, where the data collected will be compiled and analyzed and be compared with the theory of concepts on the review of the literature. The results of research that that can be concluded from this evaluation as whole is sufficient5, based on the theory of internal control components according to Mulyadi which consist of internal control components according to Mulyadi which consist of the control environment, risk assessment, control activities, information and communication and monitoring. However, there are still weaknesses among frequent delays depositing summary report revenue transaction, occurrence of errors due to system error, the duties, as well as payment which has only one cashier. The author has provided recommendations can be used to handle the internal controls over these flaws.
Keywords : System, Internal Control, Cash Expenditures

×
Penulis Utama : Dino Nur Hidayat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3312045
Tahun : 2015
Judul : Evaluasi Prosedur Pengeluaran Kas Pengadaan Barang Habis Pakai PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Kantor Cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Akuntansi-F3312045-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ibrahim Fatwa Wijaya, S.E., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.