Penulis Utama : Wiwit Nur Asih
NIM / NIP : K6410065
×

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Bentuk resistensi nahkoda kapal purse seine dalam pemenuhan hak atas pekerjaan, (2) Interpretasi nahkoda tentang keadilan dalam pemenuhan hak atas pekerjaan, (3) Pengembangan bahan ajar Hak Asasi Manusia pada kompetensi dasar menganalisis atau menyaji kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas X Sekolah Menengah Atas dalam konteks kehidupan nelayan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian adalah dengan wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Sajian data, (4) Pengambilan Kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Tahapan persiapan, (2) Tahapan pengumpulan data, (3) Tahap analisis data, (4) Tahap penyusunan laporan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Bentuk resistensi nahkoda kapal purse seine yaitu menjual ikan hasil tangkapan tanpa sepengetahuan pemilik kapal. Hal ini dilakukan demi kelangsungan hidup nahkoda beserta anak buah kapal. (2) Nahkoda menginterpretasikan keadilan dalam pemenuhan hak atas kapal bahwa untuk perjanjian kerja yang ditawarkan pemilik kapal kurang adil tetapi mereka tetap mau menerimanya karena menjadi nahkoda lebih menguntungkan dibanding pekerjaan yang lain. (3) Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai pengembangan bahan ajar berupa studi kasus materi pembelajaran Hak Asasi Manusia dalam konteks nelayan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas X Sekolah Menengah Atas/Kejuruan pada semester ganjil.
Kata kunci: resistensi, nahkoda purse seine, ketidakadilan, hak atas pekerjaan

×
Penulis Utama : Wiwit Nur Asih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6410065
Tahun : 2015
Judul : Resistensi nahkoda purse seine terhadap ketidakadilan dalam pemenuhan hak atas pekerjaan sebagai pengembangan materi ham di sekolah (Studi Kasus Nelayan di Desa Trimulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6410065-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Machmud Al Rasyid, S.H., M.Si
2. Moh. Muhtarom., S.Ag., M.S.I
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.