Penulis Utama : Rahmat Fajar Prakoso
NIM / NIP : K7111158
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep Sumber Daya Alam dalam pembelajaran IPA melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas IV SDN 03 Pendem, Mojogedang, Karanganyar tahun ajaran 2014/2015.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Pendem yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep Sumber Daya Alam dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas IV SDN 03 Pendem. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan klasikal siswa mulai dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Pada pratindakan, ketuntasan klasikal mencapai 33,33% atau 7 siswa dari 21 siswa, pada siklus I tingkat ketuntasan klasikal mencapai 61,90% atau 13 siswa dari 21 siswa, dan pada siklus II tingkat ketuntasan klasikal mencapai 90,48% atau 19 dari 21 siswa. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan, pada pratindakan nilai rata-rata kelas mencapai 60,95; pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 71,64; dan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 84,42.
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan pemahaman konsep Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SDN 03 Pendem, Mojogedang, Karanganyar tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: pemahaman, konsep sumber daya alam, make a match

×
Penulis Utama : Rahmat Fajar Prakoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111158
Tahun : 2015
Judul : Peningkatan Pemahaman Konsep Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 03 Pendem Mojogedang Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7111158-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Yulianti, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.