Penulis Utama : Umitri Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113218
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Pemahaman Konsep Aktivitas Ekonomi Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Berbasis Problem Solving (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Iv Sd N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS, F. KIP, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, K7113218-2017
Subyek : PEMAHAMAN KONSEP, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif time token berbasis problem solving pada siswa kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta pada tahun ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam. Peningkatan ini dapat ditunjukkan dengan diperoleh nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 54,96 dengan ketuntasan klasikal sebesar 21,4 %. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68,57 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 64,29%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,57 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 89,29%.
Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif time token berbasis problem solving dapat meningkatkan pemahaman konsep aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam di kelas IV SD N Bumi 1 No 67 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : pemahaman konsep, model pembelajaran kooperatif time token berbasis problem solving, aktivitas ekonomi berkaitan dengan sumber daya alam

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
UMITRI ASTUTI.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Wahyuningsih, M. Pd,
2. Drs. Chumdari, M. Pd,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP