Penulis Utama : Nerissa Arviana Putri
NIM / NIP : I0310031
×

ABSTRAK
City car adalah kendaraan yang cocok digunakan untuk kawasan perkotaan. Salah satu yang menjadi perhatian ketika membeli mobil jenis city car adalah kenyamanan kursi mobil –fokus penelitian ini adalah kursi pengemudi mobil-, namun penelitian mengenai kenyamanan kursi pengemudi mobil pada umumnya masih berfokus pada aspek ergonomi. Desain kursi pengemudi mobil yang masih berfokus pada aspek ergonomi belum cukup untuk memenuhi kenyamanan yang diinginkan pelanggan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan terhadap desain kursi pengemudi mobil dan untuk mendapatkan konsep desain kursi pengemudi mobil yang nyaman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quality Function Deployment yang memberikan prioritas terhadap atribut-atribut yang ada berdasarkan kebutuhan pelanggan. Metode ini menggunakan Rumah Kualitas yang menghubungkan antara suara konsumen dengan karakteristik teknis. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, konsep yang terpilih adalah konsep K6 (kontur menyesuaikan lekuk pantat, material pelapis berbahan kulit sintetis yang lembut, warna kursi mobil cerah dan sesuai dengan warna interior mobil, desain trim berupa kombinasi garis lurus dan garis silang, kursi memiliki logo dan recliner dari bahan komposit).
Kata kunci: Quality Function Deployment, Analisis Kebutuhan Pelanggan, City Car, Rumah Kualitas
ABSTRACT
City car is a vechicle that suited for densely urban areas. One of the things that requires attention when buying a city car is automobile seat comfort –focus in this study is driver’s seat-, however, a study of on the improvement of automobile seat comfort generally is still focused on the ergonomic aspects. Automobile driver’s seat design which only focused on ergonomic aspects is not sufficient to meet the comfort expected by customers. Therefore, it is necessary to analyze customer requirements based on voice of customer. The objectives to be achieved in this study are to identify the customer requirements of driver’s seat design and to get the design concept of comfortable driver’s seat.
This analysis is conducted using Quality Function Deployment method that giving priority of attributes based on customer requirements. This method conducted House of Quality that connects the voice of customers and technical characteristics. Refers to the results of this study, elected concept driver’s seat design is K6 (contour fit the curve of buttock, coating material from smooth synthetic leather, bright colors and adjust car’s interior color, trim design is a combination of straight lines and cross lines, seat has a logo and recliner from composites)
Keywords: Quality Function Deployment, Customer Requirement Analyziz, City Car, House of Quality

×
Penulis Utama : Nerissa Arviana Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0310031
Tahun : 2015
Judul : Analisis Kebutuhan Pelanggan terhadap Desain Kursi Pengemudi Mobil Menggunakan Metode Quality Function Deployment Studi Kasus : City Car
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I0310031-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fakhrina Fahma, S.TP., M.T
2. Irwan Iftadi, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.